Masa Depan Layanan Garansi sebagai Parameter dalam Membangun Keberlanjutan Produk

Masa Depan Layanan Garansi sebagai Parameter dalam Membangun Keberlanjutan Produk

Keberadaan layanan garansi memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberlanjutan sebuah produk. Bagaimana tidak, layanan ini kini telah menjadi salah satu parameter bagi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Pandangan konsumen terhadap layanan garansi telah berubah, bukan lagi sebatas layanan purna jual tetapi layanan garansi produk telah menjadi jaminan atas kualitas dari produk itu sendiri. Hadirnya layanan garansi pun kini seolah menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah produk bahkan kekuatannya mampu menciptakan loyalitas bagi konsumen.

Meskipun begitu keberadaan layanan garansi juga dapat menjadi boomerang bagi sebagian produsen di Indonesia. Hal itu karena belum adanya kesiapan dari para produsen dalam melakukan pengelolaan terhadap layanan garansi. Pengelolaan garansi juga harus dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada seperti teknologi maupun perilaku dari konsumen itu sendiri.

Sangat penting dibangun suatu kesiapan dalam pengelolaan layanan garansi sehingga layanan ini mampu memenuhi kebutuhan pasar. Layanan garansi juga harus dapat menjadi media dalam melakukan pengembangan terhadap produk yang dimiliki oleh produsen. Selain itu adanya undang-undang perlindungan konsumen diharapkan akan mampu mendorong bagi para produsen untuk meningkatkan ataupun membangun kesiapan dalam pengelolaan layanan garansi.

Melalui Webinar “The Future of Warranty Services for Product Sustainability” yang diadakan secara daring melalui Zoom Meeting pada Kamis (21/10), Gamatechno mencoba mendorong para produsen untuk membangun kesiapan dalam pengelolaan layanan garansi sehingga mampu menjadi salah satu ujung tombak bagi setiap produk dalam memberikan perlindungan terhadap konsumen maupun keberlanjutan sebuah produk. 

Dalam kegiatan ini materi disampaikan oleh tiga narasumber yaitu Nevy Ardanto (IT Manager PT Intisumber Hasil Sempurna Global), Novan Hartadi (Direktur PT Global Data Inspirasi) serta Rendy Kharisma (CEO Platform Garansi Digital Sidig PT Gamatechno Indonesia). Adapun materi yang dibahas oleh ketiga narasumber tersebut antara lain bagaimana peran penting garansi produk maupun layanannya dibidang industri, Bagaimana analisis data dari layanan garansi maupun aktivitas after sales serta gambaran umum bagaimana masa depan layanan garansi dengan digitalisasi.

Dalam pemaparannya, Rendy Kharisma mengungkapkan bahwa masa depan layanan garansi akan semakin memegang peranan penting bagi perkembangan sebuah produk terlebih dengan adanya digitalisasi garansi akan semakin memberikan jaminan perlindungan terhadap konsumen. 

“Dengan mendigitalisasi garansi, industri dapat menghemat biaya produksi, memaksimalkan dalam perlindungan konsumen sehingga produsen akan semakin mendapatkan kepercayaan dari pelanggan”, ujar Rendy.

Navy Ardanto selaku IT Manager PT Intisumber Hasil Sempurna yang terjun secara langsung dalam melakukan pengelolaan layanan garansi di industri alat kesehatan juga menyampaikan bahwa layanan garansi memiliki peranan yang sangat penting bagi sebuah produk khususnya alat-alat kesehatan karena dapat menjadi indikator bagaimana kualitas produk dipasaran.

“Garansi sangat penting karena dari situ kita bisa tahu produk kita kuat atau tidak, bagus atau tidak di masyarakat dan harus diterapkan”, kata Nevy. 

Sedangkan dari sisi data, Novan Hartadi selaku praktisi yang berkecimpung dibidang Big Data mengungkapkan bahwa data garansi merupakan modal penting bagi industri yang ingin melakukan perbaikan pada produk yang mereka miliki.

“Disatu sisi, jika kita punya data terkait kerusakan, terkait garansi, itu justru salah satu modul untuk improvement lebih cepat karena kita bisa tahu dan memetakan masalah kerusakan maupun behavior konsumen”, ungkap Novan.

Diadakannya webinar tentang layanan garansi ini diharapkan akan menambah insight baru bagi para pelaku industri khususnya para produsen mengenai bagaimana masa depan layanan garansi untuk keberlanjutan sebuah produk sehingga bisa menjadi modal untuk membangun kesiapan dalam pengembangan layanan garansi produk. Webinar juga menjadi media dalam memberikan edukasi kepada produsen sehingga akan menjadi titik awal meningkatnya kualitas perlindungan konsumen di Indonesia. 

Webinar dengan tema layanan garansi ini menjadi ajang perkenalan platform garansi digital Sidig (Sidig.id) kepada para pelaku industri di tanah air. Platform garansi digital Sidig merupakan satu-satunya layanan garansi digital di Indonesia yang mampu memberikan kemudahan bagi para produsen dalam melakukan pengelolaan terhadap layanan garansi maupun memberikan perlindungan terhadap konsumen. 

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu