Tambah Jam Terbang Mahasiswa

Tambah Jam Terbang Mahasiswa

Teknologi informasi merupakan suatu keahlian yang sangat diperlukan oleh berbagai industri. Namun faktanya, persaingan memperebutkan posisi TI di suatu perusahaan sangatlah ketat. Mereka yang dapat bersaing, hanyalah mereka yang memiliki keunggulan kompetitif. Keunggulan kompetitif dibangun melalui proses transformasi knowledge (ilmu yang didapat di bangku kuliah) menjadi working knowledge (perpaduan antara keilmuan teoritis yang diterapkan pada kasus riil di lapangan). Tidak ada cara lain, proses transformasi ini harus kita jalani dengan membangun “jam terbang”, yaitu terjun langsung dalam pekerjaan IT yang sesungguhnya, merasakan langsung bagaimana kita harus tetap inovatif dan problem solving walaupun bekerja dalam kondisi under pressure.

Gamatechno memberikan kesempatan bagi rekan-rekan untuk membangun “jam terbang” ini melalui CDP (Competency Development Program), sebuah program pengembangan kompetensi SDM yang ditujukan bagi mahasiswa atau fresh graduate dengan latar belakang teknologi informasi. CDP bukan pelatihan biasa, karena akan ada ujian pasca pelatihan. Peserta hanya bisa lulus jika mampu memenuhi standar kompetensi yang dipersyaratkan. Kesempatan mendapatkan “jam terbang” hanya diberikan kepada mereka yang lulus.

Setelah melalui beberapa seleksi untuk mengetahui tingkat kemampuan knowledge PHP, MySQL dan juga minat peserta dalam bidang software development, akhirnya terkumpul 13 peserta CDP 2015. Wakil-wakil mahasiswa Yogyakarta dari Teknik Informatika UKDW, KOMSI Sekolah Vokasi UGM, Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM, UNY, Teknik Informatika UII, Teknik Informatika STMIK AKAKOM, dan Teknik Informatika STMIK Jendral A Yani mulai mengikuti training mingguan di Gamatechno. Dalam CDP ini, Gamatechno juga memberikan laporan kemajuan program yang tengah berjalan kepada kampus masing-masing peserta. Bagi masing-masing peserta hal ini menjadi nilai tambah bagi track record kemampuan mahasiswanya dalam mempersiapkan diri memasuki dunia kerja.

Share Article