Studium Generale di JTETI UGM

Studium Generale di JTETI UGM

Jumat, 30 Mei 2014 Gamatechno berkesempatan untuk berbagi ilmu dengan rekan-rekan mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JTETI), Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM). Gamatechno mendapatkan kesempatan mengisi mata kuliah studium generale (kuliah umum) yang dihadiri oleh sekitar 80 mahasiswa. Kali ini materi utama studium generale disampaikan oleh Direktur Utama Muhammad Aditya dengan mengangkat tema Building a Strong Digital Startup. Muhammad Aditya menyampaikan pengalamannya dari menjadi mahasiswa di Jurusan Teknik Elektro UGM, kemudian mengawali karir bersama Radio Swaragama hingga akhirnya dipercaya ikut membentuk perusahaan IT guna mendukung kebutuhan sistem di UGM. Sistem di UGM ini yang akhirnya terus dikembangkan hingga sekarang mampu mendukung operasional universitas-universitas yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Materi inti dari Aditya memberikan gambaran bagaimana memulai sebuah Digital Startup, dimana harus ada tiga elemen yang ada dalam sebuah startup yang ideal yaitu aspek teknis, aspek bisnis dan aspek desain. Selain itu juga dijelaskan bagaimana proses pengembangan bisnis maupun produk menggunakan metode Lean Startup. Pengalaman membentuk startup dan mengembangkan bisnis pada saat ini sangat mungkin dilakukan sejak menjadi mahasiswa dengan banyaknya kompetisi yang diadakan oleh berbagai pihak. Para mahasiswa juga dapat menambah pengalaman praktik mengembangkan produk dan mempelajari pengelolaan project dengan menjadi freelance di perusahaan digital, salah satunya yaitu Gamatechno. Dalam kuliah umum ini antusiasme mahasiswa terhadap tema yang disampaikan cukup tinggi, terlihat dari banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di akhir kuliah.

Setelah materi kuliah utama, Novan Hartadi (GM Research & Business Development) dan Andri Kushendarto (Manajer HRD) menambahkan materi mengenai kesempatan mengerjakan project terkait produk dan riset dengan menjadi freelancer di Gamatechno. Khusus untuk mahasiswa JTETI UGM, pengerjaan project tersebut akan diakui sebagai bagian dari Kerja Praktek. Bagi freelancer yang memiliki passion dan skill di pengembangan web application, Gamatechno memberikan pelatihan GTFW (Gamatechno Web Application Development Framework) dan Project Management Tool.

Di akhir acara Ibu Avrin Nur Widiastuti, S.T., M.Eng., Sekretaris Jurusan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama JTETI UGM, bertukar cindera mata dengan Direktur Utama Gamatechno Muhammad Aditya.

Share Article