Stop Plagiarism dengan Aplikasi anti Plagiarism

Stop Plagiarism dengan Aplikasi anti Plagiarism

Plagiarisme atau sering disebut plagiat atau pembajakan, merupakan penjiplakan atau pengambilan ide, tulisan, karya atau temuan orang lain dan mengakuinya sebagai karangan atau pendapat sendiri.

Belakangan, kasus seperti ini cukup marak menghampiri berbagai kalangan, terutama di kalangan akademisi. Permendiknas No. 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi mewajibkan semua perguruan tinggi untuk mengunggah secara elektronik semua karya ilmiah mahasiswa, dosen peneliti, tenaga pendidikan dalam rangkaian pencegahan dan penanggulangan plagiat. Banyaknya kasus plagiarisme dalam karya ilmiah kampus, selain disebabkan oleh lemahnya etika akademik juga bersumber dari lemahnya penyaringan orisinalitas karya ilmiah.

Berawal dari keresahan lingkungan akademik terhadap maraknya aksi plagiarisme ini, Gamatechno bersama tim pengembang aplikasi dari Universitas Gadjah Mada, mengembangkan aplikasi berbasis web gtPlagiarismTest sebagai alat bantu pemeriksaan validitas karya ilmiah. Aplikasi gtPlagiarismTest telah mendapatkan apresiasi sebagai pemenang dalam Acer Intel E-Learning Competition tingkat nasional beberapa tahun lalu, dengan nama aplikasi Tessy versi desktop.

Beberapa fitur andalan gtPlagiarismTest antara lain:

  • Rekam Jejak User dan Supervisor
    Sistem ini mampu merekam jejak file tugas yang diupload oleh mahasiswa maupun file yang telah diuji oleh supervisor. Hal ini membuat gtPlagiarismTest dapat digunakan untuk mengecek tugas harian mahasiswa atau pun tugas akhir seperti skripsi dan disertasi.
  • Kalkulasi Persentase Kemiripan
    Tingkat kemiripan dapat diterjemahkan dalam presentase angka 1 hingga 100%. Sehingga tiap universitas dapat memasang standar minimum kemiripan berdasarkan kebijakan universitas itu sendiri.
  • Evidence of Plagiarism
    gtPlagiarismTest mampu menunjukkan perbandingan antara file yang diuji dan file penguji. Terlihat secara jelas dimana letak kata-kata yang mirip dan berurutan.
  • Multiple plagiarism test method
    gtPlagiarismTest menawarkan beberapa pilihan dalam model perbandingan dokumen. File yang diuji dapat dibandingkan dengan seluruh file dalam subjek yang sama, dengan judul yang mirip ataupun dibandingkan secara one-to-one dengan file penguji.

Share Article