Solusi Inovatif Untuk Kampus Indonesia

Solusi Inovatif Untuk Kampus Indonesia

Zaman yang sudah semakin berkembang menuntut teknologi yang semakin canggih dan bersifat realtime. Dulu orang, instansi, kampus, dan perusahaan selalu direpotkan dengan berkas-berkas data yang menumpuk dan tidak boleh dimusnahkan. Belum jika kita memerlukan satu buah data maka kita harus mencarinya diantara ribuan tumpukan berkas tersebut. Zaman tersebut telah usai dan kini telah banyak teknologi data base yang semakin berkembang dan canggih. Adalah Cloud Computing yang akhir-akhir ini banyak disinggung dan digunakan baik untuk perusahaan maupun pemerintahan.

Teknologi komputasi awan ini memungkinkan sebuah institusi seperti kampus menyimpan ribuan data “di awan” tanpa perlu membeli server atau menyediakan gudang untuk menyimpan kertas berkas-berkas data. Mereka hanya perlu berlangganan kepada perusahaan yang menyediakan software dan storage “di awan” ini. Dalam dunia industri, cloud computing berhasil membuat sebuah perusahaan menghemat konsumsi energi hingga 64% dan 40 kali lebih efektif daripada mengurus sendiri sistem IT mereka.

Berawal dari kesuksesan sistem informasi akademik Gamatechno Campus Suite membantu kinerja dan manajemen di lebih dari 100 kampus di seluruh Indonesia, pada tahun 2014 Gamatechno mengeluarkan inovasi layanan sistem informasi eCampuz, yaitu produk Gamatechno Campus Suite yang berbasis cloud computing. Dengan eCampuz, kampus tidak memerlukan investasi perangkat server lagi karena pengguna hanya memerlukan koneksi internet untuk mengakses portal akademik yang di server cloud.

Dengan menggunakan eCampuz, sebuah kampus juga akan mendapatkan kesempatan menggunakan mCampus. Sebuah inovasi lain dari Gamatechno, berupa aplikasi mobile gratis untuk mahasiswa yang ingin mengikuti informasi terkini dari dunia kampus dan menjadikannya portal akademik resmi dalam versi mobile. Mahasiswa bisa melihat jadwal kuliah, KRS, jadwal dan konfirmasi pembayaran SPP, bahkan informasi beasiswa terpercaya. Saat ini mCampus telah aktif digunakan oleh lebih dari seribu mahasiswa Universitas Sarjana Wiyata Yogyakarta dan Akademi Farmasi Al-Fatah Bengkulu.

eCampuz dan mCampus merupakan duo aplikasi yang memberikan kenyamanan dan mempermudah akses informasi dosen dan mahasiswa.

Share Article