Sistem Informasi Perizinan Untuk KPDE Jambi

Sistem Informasi Perizinan Untuk KPDE Jambi

Dalam rangka persiapan penerapan Sistem Informasi Manajemen Perizinan Satu Pintu (gtPerizinan) yang direncanakan akan dilaksanakan tahun 2014, Kantor Pengelolaan Data Elektronik (KPDE) Kota Jambi diwakili beberapa stafnya mengikuti pelatihan Gamatechno Framewok (GTFW) bertempat di salah satu ruangan Jogja Digital Valley.

Acara yang diadakan tiga hari mulai dari tanggal 2 hingga 4 Desember 2013 ini diawali dengan pengenalan tentang Sistem Informasi Perizinan Satu Pintu yang dikembangkan oleh Gamatechno. Senior developer Gamatechno, Bapak Apris Kiswandi menyampaikan bahwa gtPerizinan adalah aplikasi pengelolaan perizinan berbasis web yang bergunan untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan perizinan menjadi lebih jelas, cepat dan mudah. Salah satu modul dalam gtPerizinan dapat digunakan sebagai media masyarakat menyampaikan aspirasi, memberikan saran dan keluhannya terhadap pelayanan publik. Materi kemudian dilanjutkan dengan pengenalan GTFW oleh Bapak Prima Noor Ekanta.

GTFW adalah sebuah framework pengembangan aplikasi berbasis web dengan bahasa pemrograman PHP yang dikembangkan oleh Gamatechno Indonesia. Pengembangan materi GTFW dilaksanakan pada hari kedua, yang menerangkan proses instalasi GTFW, bagian-bagian GTFW, sampai dengan penggunaan GTFW versi terbaru. Kemudian pada hari ketiga, dilanjutkan dengan studi kasus dari permasalahan-permasalahan yang dirangkum pada hari sebelumnya.

Dengan pelatihan ini, diharapkan petugas pemerintahan yang bertugas di KPDE Jambi lebih siap untuk mengoperasikan Sistem Informasi Perizinan dengan baik dan dapat mengoptimalkan pelayanannya kepada masyarakat.

Share Article