Sistem Info Harga Pangan Sulawesi Tengah

Sistem Info Harga Pangan Sulawesi Tengah

Salah satu bagian penting dalam mengendalikan inflasi daerah adalah dengan mengatasi masalah kesenjangan informasi harga pangan di masyarakat. Oleh karena itu Bank Indonesia dan pemerintah di tiap daerah memerlukan dukungan teknologi untuk menyediakan sistem informasi yang terpercaya, terintegrasi dan dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Gamatechno menjawab tantangan ini dengan mengembangkan solusi Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) terintegrasi, tersedia dalam berbagai platform teknologi yaitu website, SMS gateway, aplikasi mobile, dan Kiosk.

Belum lama ini, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) bekerjasama dengan Bank Indonesia menghadirkan website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS). Acara peluncuran website PIHPS Sulteng dilakukan dalam acara Rapat Koordinasi Perekonomian Pemprov Sulteng bersama Bank Indonesia tanggal 25 November 2014 di Palu. Dalam sambutannya Gubernur Sulteng Longki Djanggola mengatakan bahwa hadirnya website PIHPS dapat membantu petani dalam memberikan informasi harga pasar dari berbagai daerah. Salah satu tujuannya, informasi dari PIHPS bisa diakses petani melalui ponsel sehingga petani bisa terhindar dari tengkulak.

Pemprov Sulteng dan Bank Indonesia memberikan kepercayaan pada solusi yang dikembangkan oleh Gamatechno untuk mewujudkan website PIHPS ini. Informasi aktual dan terpercaya untuk masyarakat Sulteng dapat diakses di www.tpid-sulteng.org. Bagi Gamatechno, solusi ini melengkapi portofolio sejenis yang sebelumnya telah digunakan di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur, yang masing-masing bisa diakses di www.tpid-diy.org dan www.tpid-ntt.org.

Share Article