Sistem E-Ticketing Transjakarta Dari Gamatechno

Sistem E-Ticketing Transjakarta Dari Gamatechno

Pada hari Selasa tanggal 22 Januari 2013, bertempat di Silang Monas Selatan, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo meresmikan beberapa “Kejutan di bidang Transportasi” yaitu e-Ticketing TransJakarta, Bus gandeng TransJakarta Busway, dan integrasi Bus sedang dengan TransJakarta Busway, bertepatan dengan 100 hari pemerintahan Jakarta Baru.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono, Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar, lima Direktur Utama bank terkemuka, yaitu Bank Mandiri, Bank Central Asia (BCA), Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Bank DKI, serta Direktur Utama PT Gamatechno Indonesia Muhammad Aditya.

Layanan e-Ticketing TransJakarta sendiri merupakan hasil kerjasama lima Bank Nasional dengan UP TransJakarta Busway dan PT Gamatechno Indonesia. “Dengan penunjukan lima bank diharapkan dapat bersama-sama mengimplementasikan e-Ticketing TransJakarta. Kerja sama ini di harapkan akan menjadi solusi permasalahan transportasi di Jakarta dengan menciptakan kebiasaan masyarakat menggunakan e-money, di awali dengan TransJakarta dan akan berlanjut ke sarana transportasi yang lain.” Kata Jokowi dalam sambutannya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono menambahkan, “vendor yang mengembangkan sistem e-Ticketing TransJakarta adalah PT Gamatechno Indonesia perusahaan milik Universitas Gadjah Mada, dengan demikian sistem ini sepenuhnya dikembangkan dan hak intelektualnya dimiliki oleh perusahaan asli Indonesia.”

Dalam kesempatan terpisah, Direktur PT Gamatechno Indonesia Muhammad Aditya menjelaskan bahwa saat ini sistem e-Ticketing TransJakarta baru diterapkan pada koridor 1 saja dengan rute Blok M-Kota. Sementara penyelesaian pengembangan dan implementasi sistem untuk koridor lainnya akan dilakukan hingga bulan april-mei 2013.

Setelah acara peresmian sebagian rombongan tamu undangan menuju shelter busway Monas untuk melakukan uji coba e-Ticketing yang diawali secara simbolis oleh Direktur Utama lima Bank yang bekerja sama, dengan melakukan tapping kartu e-money masing-masing.

Share Article