Seminar Administrasi Keuangan Perguruan Tinggi

Seminar Administrasi Keuangan Perguruan Tinggi

Seminar Implementasi TIK Kampus yang diadakan di UC UGM pada tanggal 27 Maret 2012 merupakan acara sharing session kedua yang diselenggarakan Gamatechno setelah sharing session yang diadakan di Jakarta pada tahun lalu 2011. Kegiatan ini diadakan sebagai wujud perhatian dan komitmen Gamatechno atas pengembangan solusi untuk perguruan tinggi serta sarana berbagi informasi di antara perguruan tinggi. Seminar dihadiri oleh peserta perguruan tinggi dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Aceh, Medan, Bandung, Samarinda, Makassar dan Papua.

Seminar dibagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama “Efisiensi Pengelolaan Keuangan dengan Integrasi Teknologi Perbankan” menghadirkan pembicara dari Gamatechno, Bapak Awaludin selaku Manajer Academic Software dan Bapak Adityo Hidayat selaku Direktur. Sesi kedua “Pendekatan Komprehensif Berbasis TIK Guna Menghasilkan Pelaporan SAP (Standar Akuntansi Pemerintah) dan SAK (Standar Akuntansi Keuangan) Bagi PTN-BLU” menghadirkan pembicara Bapak Didi Achjari selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sistem Informasi sekaligus Komisaris Utama Gamatechno, Bapak Nanang Ruswianto selaku Asisten Manajer Academic Software dan Ibu Sri Indira selaku Vice President BNI.

Dalam acara ini, pengelola perguruan tinggi saling berbagi pengalaman, mengungkapkan beragam kendala yang dialami dalam perjalanan implementasi teknologi. Fakta menarik yang disampaikan oleh peserta, bahwa kendala yang disebabkan oleh faktor teknis hanya 20% saja, sisanya disebabkan oleh faktor non-teknis, seperti: komitmen pimpinan, budaya organisasi, kesiapan data, kecukupan SDM teknis, perilaku mahasiswa yang belum terbiasa dengan proses berbasis teknologi.

Diharapkan melalui forum ini, perguruan tinggi yang belum menerapkan teknologi dapat belajar dari pengalaman mereka yang telah sukses mengimplementasikan TIK di kampusnya. “Ini adalah bentuk komitmen kami, agar kampus bisa menekan learning curve, tidak perlu coba-coba, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan implementasi teknologi”, ditekankan oleh Bapak Adityo Hidayat.

Share Article