Satu Dekade Gamatechno

Satu Dekade Gamatechno

Telah 1 dekade Gamatechno mewarnai industri digital Indonesia, berkembang dari perusahaan yang hanya memberikan dukungan untuk pengembangan sistem di UGM hingga menjadi salah satu pemain penting di jajaran perusahaan IT di Indonesia. Dalam perkembangannya, Gamatechno telah mengalami beberapa fase yaitu fase pendirian antara tahun 2003 hingga 2005, dilanjutkan fase penentuan identitas perusahaan hingga 2008, kemudian fase dimana produk flagship Campus Solution berkembang pesat hingga 2012, dan akhirnya fase berkembangnya produk segmen lain yang membentuk Smart City Solution dari tahun 2013 hingga saat ini.

Gamatechno mulai beroperasi pada Januari 2003 dengan nama Gama Technocamp. Berkantor di Sekip N53 sebagai salah satu unit usaha dibawah PT Gama Multi Usaha Mandiri yang didirikan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, pada 4 Januari 2005 secara resmi Gama Technocamp menjadi PT. Gamatechno Indonesia serta menempati Gedung Tekno Gama di Jl. Cik Di Tiro 34 Yogyakarta sebagai kantor pusat hingga sekarang. Di awal masa berdirinya Gamatechno memiliki 7 orang karyawan. Kini setelah satu dekade jumlah karyawan Gamatechno Group telah mencapai 116 karyawan (PT. Gamatechno Indonesia) dan sekitar 60 karyawan di anak perusahaannya (AINO Indonesia). Dari sisi pelanggan, sejak awal berdiri Gamatechno hanya mengelola UGM dan beberapa kampus di Jogja dan Jakarta. Saat ini Gamatechno telah memiliki setidaknya lebih dari 240 pelanggan dari berbagai segmen (perguruan tinggi, korporasi, maupun pemerintahan) dengan lokasi geografis tersebar dari Aceh hingga Papua.

Pada masa-masa awal berdiri Gamatechno memfokuskan diri pada pengembangan solusi-solusi di perguruan tinggi dengan Sistem Informasi Terintegrasi (SIT) yang dikenal dengan nama Academica. Academica terdiri dari 14 paket aplikasi mulai dari pendaftaran online, registrasi, pengelolaan akademik, pengelolaan aset, pengelolaan keuangan hingga pengelolaan alumni.

Di tahun 2014 solusi Gamatechno telah dikenal pada segmen yang lebih luas. Tidak hanya di kalangan perguruan tinggi, namun juga pada segmen pemerintahan dengan solusi pelayanan perizinan terpadu, segmen korporasi dengan solusi ERP dan segmen transportasi dengan solusi Fleet Management System. Solusi-solusi Gamatechno tersebut dibungkus dengan umbrella brand gtSmartCity Solution. Konsep Smart City sendiri adalah lompatan besar bagi Gamatechno setelah sukses mengimplementasikan konsep Smart Campus (Academica) di lebih dari 100 kampus di seluruh indonesia.

Share Article