Reformasi Birokrasi Melalui Penguatan E-Governance

Reformasi Birokrasi Melalui Penguatan E-Governance

Senin, 1 juli 2013, PT. Gamatechno Indonesia (Gamatechno) mengadakan program sharing session bekerjasama dengan Magister Administrasi Publik, Pasca Sarjana Fisipol Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Sebagai perusahaan yang fokus melakukan pengembangan dan implementasi Teknologi Informasi dan serta Komunikasi (TIK) khusus untuk perguruan tinggi, perusahaan dan instansi pemerintahan Indonesia sejak tahun 2003. Gamatechno ingin berbagi pengalaman implementasi di berbagai instansi pemerintah, dengan menggunakan teknologi terkini untuk mengatasi kendala pelayanan masyarakat. Kegiatan sharing session yang diadakan dengan tema “Reformasi Birokrasi Melalui Penguatan E-Governance” dirasa perlu terus dijaga penyelenggaraannya guna menjaga semangat reformasi di lingkungan pemerintah daerah kabupaten kota.

Acara yang diselenggarakan di hall Bulaksumur, University Club Hotel UGM ini, dihadiri 60 pimpinan dari berbagai dinas di seluruh Indonesia. Dibuka oleh bapak Dekan FISIPOL UGM, Dr. Erwan Agus Purwanto M.Si. yang menyampaikan harapannya agar acara ini dapat menjadi ajang untuk memperkaya pengetahuan para kepala dinas tentang manfaat TIK dan perannya dalam reformasi birokrasi ke arah yang lebih baik.

Kemudian dilanjutkan sesi diskusi panel dengan moderator Bapak Dr. Agus Pramusinto, MDA beliau adalah Ketua Program Magister Administrasi Publik FISIPOL Universitas Gadjah Mada. Paparan pertama disampaikan oleh Bapak Prof. Dr. Wahyudi Kumorotomo, MPP yang membahas materi “Reformasi Birokrasi, e-Governance dan pemanfaatan TIK dalam pelayanan Publik”. Kesempatan kedua diberikan kepada Ibu Dewi Syulamit S.Sos., M.M. selaku kepala seksi Pelayanan Kantor Pelayanan Perijinan Sleman, Ibu Dewi berbagi pengetahuan tentang “Pemanfaatan Sistem Informasi Pelayanan Perijinan Terpadu di Kabupaten Sleman” yang merupakan program hasil pengembangan project SCBD-P di tahun 2009. Paparan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Nanang Ruswianto, ST dengan materi “TIK Sebagai Katalisator Reformasi Birokrasi Pelayanan Perijinan Daerah”. Setelah para pemateri menyampaikan materinya, peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada para panelis terkait materi yang sudah disampaikan.

Salah satu testimoni yang disampaikan peserta adalah “Terima kasih kepada Gamatechno, dengan mengikuti seminar hari ini semakin menambah dan membuka wawasan tentang TIK untuk reformasi birokrasi di daerah saya, Sorong, Papua Barat agar kedepan bisa sejajar dengan daerah lain”- Herningsih, Sorong, Papua Barat. Dari beberapa masukkan yang disampaikan kepada Gamatechno, acara sharing session ini diharapkan bisa diadakan secara rutin dan pemilihan waktu penyelenggaraan bisa lebih longgar untuk memberikan kesempatan perwakilan daerah bisa datang, sehingga update informasi mengenai TIK untuk mendukung operasional di instansi pemerintah bisa lebih tersebar luas ke daerah.
Sharing session ini diharapkan memberikan manfaat yang besar kepada para pelaku birokrasi dengan pemanfaatan Teknologi Informasi. Khususnya dalam upaya peningkatan pelayanan prima terhadap masyarakat di sektor perijinan daerah, dan juga memberikan pengalaman belajar dari praktek perijinan daerah di pemerintah kabupaten kota. Selain itu peserta juga dapat mengambil manfaat dari diskusi yang diselenggarakan untuk menyimpulkan pilihan terbaik yang coba diterapkan di instansi masing-masing.

Share Article