Poltekkes Gorontalo Menuju Smart Campus Dengan SIA Terintegrasi Gamatechno

Poltekkes Gorontalo Menuju Smart Campus Dengan SIA Terintegrasi Gamatechno

Gamatechno dan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Gorontalo menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama implementasi dan pengembangan Sistem Informasi Akademik (SIA) pada 7 November 2016 di Poltekkes Gorontalo. Penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama Gamatechno, M Aditya AN dengan Dr. Wenny Ino Ischak, S.ST, M.Kes (Ketua Pejabat Pembuat Komitmen Poltekkes Gorontalo).

Poltekkes Gorontalo merupakan institusi pendidikan tenaga profesional di bidang kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Poltekkes Gorontalo yang berlokasi di Provinsi Gorontalo ini merupakan satu dari 38 Poltekkes yang ada di Indonesia. Hingga Oktober 2016, Poltekkes Gorontalo belum menerapkan SIA terintegrasi yang bersifat internal. Selama ini Poltekkes Gorontalo menggunakan sistem informasi yang didapat dari pemerintah (bersifat eksternal), yang berfungsi untuk melaporkan data ke Pemerintah. Sedangkan untuk pengelolaan internal, Poltekkes Gorontalo masih menggunakan manajemen pendataan secara manual.

Dalam penerapannya, Poltekkes Gorontalo menemui berbagai kendala dan merasa kurang maksimal saat menggunakan pendataan manual. Sebagai contoh, petugas peng-input data harus berkeliling ke tiap prodi/jurusan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan (misal: data pembayaran mahasiswa, data nilai mahasiswa). Data-data ini pun masih berbentuk berkas-berkas yang nantinya harus di-input ulang ke sistem eksternal sebelum dilaporkan ke Pemerintah.

Padahal, dewasa ini SIA telah menjadi salah satu standar komitmen Perguruan Tinggi terhadap kapasitas dan efektivitas kinerjanya. Jadi, sudah menjadi suatu keharusan bagi tiap Perguruan Tinggi yang tengah berkembang menuju smart campus untuk dapat menerapkan SIA yang terintegrasi. Dikembangkannya SIA di Perguruan Tinggi bertujuan untuk memudahkan pengelolaan kegiatan manajemen akademik. Dengan adanya SIA yang terintegrasi, banyak hal akan menjadi lebih mudah, efektif, efisien, dan optimal.

Sebagai wujud komitmen Gamatechno untuk membantu kampus-kampus di Indonesia menjadi smart campus, Gamatechno merangkul Poltekkes Gorontalo untuk dapat menerapkan serta mengembangkan SIA yang lebih baik guna meningkatkan pelayanan terhadap seluruh civitas akademik di Poltekkes Gorontalo. Aplikasi yang akan diimplementasikan di Poltekkes Gorontalo adalah gtAdmisi, gtAkademik, gtAkademikPortal, gtAlumniKarir, gtHeregistrasi, gtPembayaran, gtRegistrasi, gtRiset, mCampus, dan gtFeeder.

Dengan ditandatanganinya MoU kerjasama ini, Gamatechno menambah daftar panjang portofolio pengalaman mengembangkan SIA di Indonesia. Terhitung sejak 2005, Gamatechno telah mengembangkan lebih dari 200 sistem akademik di penjuru Indonesia. Adanya kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas manajemen akademik, serta peningkatan pelayananan di Poltekkes Gorontalo.

Share Article