Penghargaan Sistem E-Ticketing Transjogja Dari Muri

Penghargaan Sistem E-Ticketing Transjogja Dari Muri

Sistem e-Ticketing Trans Jogja yang dikembangkan Gamatechno untuk Dinas Perhubungan, Kominfo DIY meraih perhargaan Rekor MURI karena merupakan yang pertama di Indonesia yang berhasil mengintegrasikan kartu e-money dari berbagai bank. Keunggulan fitur tersebut menjadi solusi yang tepat dalam pengembangan sistem pembayaran sarana transportasi publik ditengah banyaknya kartu e-money yang marak diterbitkan oleh berbagai pihak terutama dari kalangan perbankan dan operator seluler.

Penyerahan piagam Rekor MURI tersebut dilakukan oleh perwakilan MURI kepada Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada tanggal 20 Desember 2012 bersamaan dengan acara peresmian ATCS (Area Traffic Control System), Sistem Bus Tracking, dan Sistem Bus Information di Dinas Perhubungan, Kominfo DIY.

Wakil Menteri Perhubungan Dr.Ir.Bambang Susantono yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan “Fitur E-Ticketingtrans jogja ini merupakan yang pertama di Indonesia. Banyak kemudahan yang diberikan dari tiket elektronik ini, baik bagi pengguna maupun perbankan, dan operator angkutan. Apalagi didukung oleh empat bank besar yang jaringannya sangat luas.”

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya menambahkan bahwa, “keberadaan angkutan masal memang perlu didukung oleh infrastruktur yang baik dan tekhnologi tinggi, namun kesemuanya itu juga perlu dukungan kembali pengelola dan penggunaannya agar angkutan masal benar-benar bisa memenuhi harapan masyarakat. Penerapan ATCS ini sendiri merupakan bagian dari komitmen pemerintah DIY untuk meningkatkan layanan transportasi masal bagi masyarakat.”

Sebagai penutup acara pada siang hari itu, dilakukan peninjauan ruang kendali ATCS di lantai II Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi, Informatika DIY sekaligus dilakukan demo ATCS dan sistem Bus Tracking. Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Aditya Direktur Utama Gamatechno selaku pengembang sistem Bus Tracking memberikan penjelasan teknis tata cara pemantauan pergerakan bus Trans Jogja kepada Wakil Menteri Perhubungan, Gubernur DIY, Walikota Yogyakarta, Kepala Dinas Dishubkominfo DIY serta Kepala DitLantas Polda DIY dan tamu undangan lain.

Share Article