Pengembangan Industri IT Dalam Dunia Pendidikan

Pengembangan Industri IT Dalam Dunia Pendidikan

Sabtu, 7 September 2013, di Auditorium STMIK Potensi Utama Medan, terselenggara acara Seminar Nasional Informatika (SNIf) yang ke-3. Acara ini merupakan forum yang mempertemukan akademisi, peneliti, praktisi, dan pengambilan kebijakan di bidang informatika guna menyebarkan IPTEK terkini, yaitu berupa pengumpulan makalah ilmiah bidang TI oleh mahasiswa dan dosen dari berbagai kampus di medan dan sekitarnya. Dalam penyelenggaraan event ini, STMIK Potensi Utama bekerjasama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Indonesia Computer Electronics and Instrumentation Support Society. PT Gamatechno Indonesia sebagai perusahaan IT milik UGM diminta kesediaanya untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Dengan berpartisipasi pada acara tersebut, selain mempererat kerjasama dengan STIMIK Potensi Utama, Gamatechno mempromosikan diri pada para peserta SNIf terutama yang belum mengenal perusahaan ini.

PT Gamatechno Indonesia yang diwakili oleh Direktur Utama Muhammad Aditya mendapat kesempatan untuk memberikan sambutan dalam forum ini. Beberapa hal yang disampaikan antara lain, “Bahwa salah satu tantangan bagi perguruan tinggi adalah mengembangkan penelitian ilmiah yang hasilnya tidak hanya menjadi produk laboratorium, melainkan dapat langsung diterapkan dalam kehidupan masyarakat sebagai salah satu wujud tri darma pendidikan tinggi yaitu pengabdian masyarakat. Lebih lanjut, bagi para mahasiswanya banyak tantangan menarik setelah lulus, yaitu berwirausaha di bidang IT karena kebutuhan IT di Indonesia sendiri sangat besar. Dan untuk itu Gamatechno siap menjadi mitra bagi siapapun yang ingin mengembangkan industri IT di Indonesia”.

Terkumpul lebih dari 80 makalah dari mahasiswa dan dosen seluruh Indonesia dalam seminar ini, dan hari itu juga diumumkan makalah yang terpilih sebagai makalah terbaik. Seminar yang bertema “Swarm Intelligent System” dilalui dengan berbagai rangkaian acara, salah satunya yaitu penandatanganan MoU antara PT Gamatechno Indonesia dan STMIK Potensi Utama Medan. Penandatanganan MoU ini bertujuan agar kedua belah pihak saling memberikan dukungan dan bekerjasama dalam rangka pengembangan sistem informasi yang mengikuti perkembangan zaman, terintegrasi, dan dapat memberikan value yang maksimal khususnya pada perguruan tinggi.

Salah satu target yang ingin dicapai PT Gamatechno Indonesia dari acara tersebut adalah untuk mencari partner teknis di wilayah bisnis Medan dan Sumatra secara umum. Dengan adanya MoU ini terdapat harapan agar STMIK Potensi Utama dapat menjadi mitra pemasaran dan implementasi di area Sumatra. Hal ini sebagai langkah awal usaha kerjasama yang saling menguntungkan dengan memanfaatkan potensi, keahlian, dan fasilitas yang dimiliki masing-masing pihak.

Share Article