Pelatihan Website Ruang Belajar Masyarakat

Pelatihan Website Ruang Belajar Masyarakat

Menjelang akhir tahun 2013 ini, banyak pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh klien, baik klien lama maupun klien baru. Kali ini klien baru yang meminta pelatihan adalah Ruang Belajar Masyarakat (RBM) Kabupaten Sleman. Ruang Belajar Masyarakat adalah salah satu program PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri) Pedesaan yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Sleman yang memiliki visi dan misi meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat secara mandiri. Beberapa program yang mereka lakukan sangat beragam mulai dari produksi bahan makanan hingga kerajinan kelompok bahkan juga mengadakan pelatihan manajerial.

Demi mewujudkan berbagai program yang direncanakan oleh RBM, salah satu hal yang mendukung program tersebut adalah dengan membuat website. Tujuan dari pembuatan website itu sendiri adalah sebagai sarana informasi dan komunikasi antara pihak RBM dengan masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan adanya Pelatihan Pengelolaan website demi terciptanya pelaku PNPM yang mengerti, memahami, dan dapat mengelola website tersebut. Ada 15 peserta UPK yang dikirim untuk pelatihan dan peserta tersebut terdiri dari beberapa wakil kecamatan yang ada di kabupaten Sleman.

Pelatihan dilakukan sejak hari Senin hingga Rabu tanggal 21 – 23 Oktober 2013 bertempat di kantor Badan KB PM dan PP kabupaten Sleman. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan pelatihan tentang pemahaman domain, hosting, blog, blogger, blogsome, wordpress, serta pembuatannya dan bahkan pembuatan weblog berbasis online. Tidak hanya itu saja, peserta diberikan pemahaman akan manajemen blog, yaitu mengelola blog baik pengelolaan artikel, komentar para pengunjung, dan merancang sebuah blog yang menarik dan impresif. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan agar nantinya tiap UPK dapat mandiri dan mampu memajukan website sendiri sehingga kegiatan-kegiatan PNPM dapat terekspos ke masyarakat.

Share Article