Pelatihan Data Warehouse

Pelatihan Data Warehouse

Data-warehouse atau dalam bahasa Indonesia artinya gudang data, dalam lingkup IT adalah sistem yang digunakan untuk melakukan pelaporan dan analisis data. Data-warehouse umumnya digunakan oleh sebuah organisasi dengan cara mengumpulkan, konsolidasi, serta koordinasi data untuk pelaporan dan analisis. Tujuan akhir penggunaan data-warehouse adalah sebagai pendukung pengambilan keputusan oleh level eksekutif atau top level manajemen. Data-warehouse akan sangat bermanfaat bagi sebuah institusi yang sudah memiliki cukup banyak aplikasi dan ingin mengintegrasikan data dalam aplikasi tersebut menjadi satu sebagai dasar pengambilan keputusan.

PT Gamatechno Indonesia baru saja mengadakan pelatihan data-warehouse untuk staf IT Pemerintah Kota Yogyakarta, tanggal 9 hingga 11 September 2014. Dalam pelatihan dijelaskan tentang konsep, instalasi, hingga penerapan data-warehouse dalam pekerjaan sehari-hari. Meski dibutuhkan latar belakang kemampuan IT untuk menjadi pengelola data-warehouse, materi yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami oleh peserta. Hal ini terlihat dari interaksi antara trainer-trainee ketika membahas suatu kasus yang terkait dengan data-warehouse.

Dengan mengikuti pelatihan tersebut, diharapkan integrasi sistem dengan data-warehouse dapat diimplementasikan dengan baik di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Para pengambil keputusan pun akan bisa mengambil keputusan lebih efektif, karena didukung dengan data akurat dengan sajian cepat dan sederhana.

Share Article