Optimalisasi Penggunaan IT Untuk Pelayanan Daerah

Optimalisasi Penggunaan IT Untuk Pelayanan Daerah

Sharing session Selasa 12 November 2013 yang lalu berlangsung cukup menarik dilihat dari antusiasme peserta dalam memberikan pertanyaan kepada para narasumber. Pada sharing session kali ini PT Gamatechno Indonesia mengundang pembicara Eka Suryo Prihantoro S.Si, M.Kom Ketua Forum E-Gov DIY, Ir Rony Primanto Hari M.T. Kepala Bidang LTMI Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika DIY, dan Manager Web and Network Services Taufik Suryawan Edyna dari Gamatechno.

Berlokasi di Jogja Digital Valley, Jalan Kartini 7 Sagan Yogyakarta, acara ini diawali oleh sambutan dari Direktur Utama Gamatechno Muhammad Aditya dan General Manager PT Telekomunikasi Indonesia (TELKOM) Firdaus Roeswandi.

Ir Roni Primanto Hari M.T. membuka sesi pertama dengan menyampaikan materi tentang “Pengembangan E-Government di DIY dan Permasalahannya”. Beliau menyampaikan strategi pengembangan dan pemanfaatan TIK untuk pemerintahan dengan beberapa pendekatan. Pendekatan pertama Kebijakan yaitu komitmen dan sinkronisasi para stakeholder dalam pemanfaatan TIK serta penggunaannya dalam reformasi birokrasi. Yang kedua adalah pendekatan SDM, yaitu peningkatan kualitas SDM untuk industri TIK. Yang terakhir adalah kelembagaan, yaitu dengan penguatan lembaga koordinator dan unit pengelola TIK di lembaga-lembaga.

Selanjutnya Eka Suryo Prihantoro S.Si, M.Kom. memberikan informasi sekilas mengenai “Penerapan E-Government di Sleman untuk Pelayanan yang Lebih Baik”. Lebih lanjut beliau menyampaikan mengenai pemanfaatan TIK dalam proses pemerintahan, untuk meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan, sehingga dengan demikian TIK merupakan unsur inti dalam e-government.

Acara siang itu ditutup dengan kesimpulan oleh dari moderator Nanang Ruswianto yaitu perlunya anggaran yang pasti untuk resource IT, penambahan insentif untuk SDM IT, tips untuk meng-goal-kan anggaran dengan adanya edukasi ke anggota Dewan. Untuk hal ini jika diperlukan studi banding ke UGM, Gamatechno bersedia untuk memfasilitasi.

Diharapkan dari kegiatan sharing session rutin yang diadakan oleh Gamatechno ini, dapat bermanfaat bagi para peserta yang berhubungan dengan tema terkait dalam tugas-tugasnya. Dari sharing session dengan tema “Peningkatan Kualitas Pelayanan Daerah dengan Optimalisasi Penggunaan TI” ini, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang manfaat yang besar dengan adanya Teknologi Informasi dalam pelayanan prima untuk masyarakat. Pilihan terbaik yang bisa diterapkan pada instansi masing-masing didapatkan dengan bertukar pengalaman dalam pemanfaatan IT di daerah masing-masing.

Share Article