NTT Kembangkan Sikomodo (PIHPS)

NTT Kembangkan Sikomodo (PIHPS)

Dalam rangka mengurangi kesenjangan informasi harga antara produsen dan konsumen, Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Nusa Tenggara Timur (NTT) telah merancang website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), yang beralamatkan di www.tpid-ntt.org. Website yang diberi nama SIKOMODO (Sistem Informasi Komoditas) ini di launching langsung oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Kepala perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTT yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua TPID NTT, Naek Tigor Sinaga di Hotel Swiss-Belinn Kristal Kupang, Kamis siang, 12 Desember 2013. Dalam acara ini turut hadir Manager Web & Network Solution Gamatechno, Taufik Suryawan Edyna beserta tim sebagai vendor yang mengembangkan sistem SIKOMODO.

PIHPS hadir dari kesadaran bahwa ketersediaan informasi yang simetris antara produsen dan konsumen sangat penting dalam pembentukan harga komoditas. Tanpa ada informasi yang jelas, akan muncul disparitas harga yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan laju inflasi. Ketidakjelasan informasi juga memicu ekspektasi negatif dari masyarakat sehingga dapat merusak stabilitas harga dan mendorong aksi spekulasi.

Gubernur NTT sangat mengapresiasi pembuatan website SIKOMODO ini. Ia mengakui, ketergantungan NTT pada pasokan dari luar daerah terutama bahan makanan menjadi tantangan dalam menekan laju inflasi. Diperkirakan menjelang akhir tahun laju inflasi masih terus mengalami peningkatan terutama menjelang natal dan tahun baru. Untuk mengurangi kesenjangan info harga, dibutuhkan media info yang kredibel, dapat dipercaya dan mudah diakses seperti website ini. Dengan begitu, masyarakat akan mendapatkan informasi mengenai harga pangan strategis.

Disamping itu, pengembangan PIHPS ini juga dapat bermanfaat sebagai acuan pelaku usaha dan produsen dalam menetapkan harga, acuan konsumen dalam membeli, sinyal awal terjadinya gejolak harga komoditas di pasar, dan sebagai bahan kajian untuk memahami perilaku harga komoditas dan melihat keterkaitan harga antar wilayah di NTT. PT. Gamatechno Indonesia sebagai vendor yang mengembangkan website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis berharap dengan dilaunchingnya website TPID ini, upaya pengendalian inflasi di tiap daerah bisa berjalan baik dan berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan ekonomi di wilayah NTT.

Share Article