Mudahkan Masyarakat Jelajahi Jogja, Gamatechno Perkenalkan Jogjapass Di FesTIK 2016

Mudahkan Masyarakat Jelajahi Jogja, Gamatechno Perkenalkan Jogjapass Di FesTIK 2016

Yogyakarta telah menjadi salah satu destinasi kunjungan favorit bagi para wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri. Selain memiliki berbagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi dan sarat akan nilai-nilai budaya, Yogyakarta juga menawarkan atmosfer yang berbeda dengan kota-kota lain. Di era globalisasi seperti saat ini, Yogyakarta tak mau ketinggalan untuk mulai membangun konsep smart city. Baru-baru ini, Yogyakarta mengimplementasikan memanfaatkan Teknologi Informasi (TI) dalam bidang parisiwata dan layanan publik.

FesTIK ke-5 diadakan di Grhatama Pustaka, Yogyakarta
Wujud dari penerapan pemanfaatan TI tersebut adalah dengan diresmikannya aplikasi mobile Jogja Istimewa serta diperkenalkannya JogjaPass pada gelaran Festival TIK (FesTIK) CAN DO RI 2016. Event ini diselenggarakan atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Direktorat Pemberdayaan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Kantor Staf Presiden, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, serta Relawan TIK. FesTIK 2016 yang merupakan FesTIK ke-5 ini menyajikan berbagai agenda menarik seperti seminar, workshop, launching, munas RTIK, dan pameran TIK.

Pada kesempatan ini, aplikasi mobile Jogja Istimewa diresmikan secara simbolis oleh Ir. Rony Primanto Hari, MT., Kepala Diskominfo DIY dan Wakil Gubernur Sri Paduka Paku Alam X. Peresmian berlangsung di Grhatama Pustaka Yogyakarta pada 16 September 2016 lalu.  Pada event yang sama juga diperkenalkan konsep platform pintar JogjaPass kepada publik. Aplikasi Jogja Istimewa dan platform JogjaPass merupakan inisiatif dari Gamatechno dan Aino Indonesia.

JogjaPass, platform pintar untuk Jogja Istimewa diperkenalkan di FesTIK 2016
Jogja Istimewa merupakan aplikasi mobile City (mCity) berbasis android yang dapat memberikan panduan informasi seputar provinsi Yogyakarta secara aktual, lengkap, serta mudah diakses. Melalui Jogja Istimewa, pengguna dapat mendapatkan berbagai informasi seputar tempat wisata, penginapan, kerajinan, kuliner, transportasi, layanan publik, event, Jogja Streaming dan Jogja 360. Jogja Istimewa merupakan aplikasi mobile tourism resmi milik Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta yang digarap oleh Gamatechno.

Selain meresmikan Jogja Istimewa, pada kesempatan ini juga diperkenalkan platform pintar JogjaPass untuk Jogja Istimewa. JogjaPass merupakan platform sistem terintegrasi berbasis teknologi RFId yang nantinya dapat terhubung dengan berbagai fasilitas publik di Yogyakarta seperti Trans Jogja, akses ke tempat wisata, museum, akses layanan pendidikan, mesin penjual minuman, dan bahkan untuk berbelanja. Dengan adanya JogjaPass, pengguna tidak perlu lagi menggunakan uang tunai untuk melakukan berbagai transaksi sehingga mendukung adanya gerakan cashless yang digalakkan oleh pemerintah.

“Melalui Jogja Pass ini harapan kami nantinya layanan wisatawan dapat terintegrasi melalui satu kartu, tak perlu bawa uang cash kalau ke Yogya jadi semakin aman dan nyaman. Sementara ini kita bekerjasama dengan Trans Jogja, wisata museum dan nantinya mesin-mesin minuman serta makanan di kawasan wisata,” ungkap Rony Primanto Hari (16/9).

Di event FesTIK 2016, pengunjung diperkenankan untuk mencoba berbagai demo teknologi platform JogjaPass. Nantinya JogjaPass dapat direalisasikan dalam berbagai media seperti kartu, gelang, dan lain sebagainya yang dapat diperoleh di bandara atau stasiun. Hanya dengan menggunakan satu media yang telah terintegrasi dengan JogjaPass, pengguna akan dapat memanfaatkan berbagai fasilitas publik di Yogyakarta.

Pengunjung FesTIK 2016 berkesempatan jajal JogjaPass
Pada event FesTIK 2016, telah disediakan sebanyak 500 kartu yang dapat digunakan untuk menjajal demo. Saat memasuki pintu utama pameran, pengunjung disambut oleh alat simulasi untuk masuk ke candi. Pengunjung yang akan melewati pintu putar diminta untuk menempelkan kartu yang sudah diberikan sebelumnya ke alat pemindai (scanner) yang terdapat di alat simulasi. Pintu putar akan otomatis terbuka setelah pengunjung menempelkan kartu.

Kemudian, pengunjung di arahkan ke area e-parking dan simulasi untuk menggunakan tap on bus di Trans Jogja. Di area ini, pengunjung juga harus menempelkan kartu ke pemindai yang ada di alat e-parking dan tap on bus. Simulasi ini menggambarkan akan kemudahan membayar parkir dan membayar tiket bus menggunakan JogjaPass.

Selanjutnya, pengunjung dapat membeli berbagai minuman dari vending machine dengan menggunakan kartu yang sama. Di ujung ruang pameran, pengunjung dapat memantau berbagai transaksi yang telah dilakukan di control room. Di control room ini, pengunjung bisa tahu mana saja transaksi menggunakan JogjaPass dilakukan, misal di halte Trans Jogja.

“Operator dan pemerintah bisa melakukan monitoring di control room tentang arus penumpang di tiap halte. Pemerintah juga bisa tahu mana saja halte yang penuh dengan penumpang, di jam-jam tertentu, dan berapa kali Trans Jogja yang datang bisa mengangkut seluruh penumpang di halte, dan sebagainya” jelas Novan Hartadi, General Manager Research and Business Development Gamatechno (16/9).

Berbagai manfaat yang didapatkan dengan menggunakan JogjaPass
Dengan menggunakan JogjaPass, pengguna akan dimudahkan dalam menggunakan berbagai fasilitas publik di Yogyakarta tanpa harus repot membawa uang tunai. Pengguna dapat dengan mudah membeli tiket tempat wisata, membeli minuman, berbelanja, dan membayar parkir hanya dengan satu media yang telah diintegrasikan dengan JogjaPass. Pemerintah juga akan diuntungkan karena dapat melakukan berbagai penghematan. Dengan segala manfaat positif yang diberikan, tentunya realisasi JogjaPass banyak dinantikan oleh berbagai pihak.

“Kami (dari pihak pengembang) sebenarnya sangat berkeinginan di Jogja bisa diimplementasikan seperti ini. Kami melihat Jogja sudah siap, tentunya perlu dukungan dari Pemda juga,” tutur Novan.

Lalu, kapan konsep JogjaPass ini akan siap untuk direalisasikan? Ikuti terus kanal Gamatechno untuk mendapatkan infomasi terbaru seputar JogjaPass dan solusi smart city Gamatechno.

Share Article