Masterplan TIK Untuk Bangka dan Pacitan

Masterplan TIK Untuk Bangka dan Pacitan

Saat ini TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) menjadi bagian tak terpisahkan yang membantu jajaran pemerintahan memberikan layanan ke publik. TIK menjadi kebutuhan utama yang mampu mendukung kegiatan di pemerintahan. Terkait hal itu, Gamatechno belum lama ini membantu mengembangkan masterplan TIK Kabupaten Bangka dan Kabupaten Pacitan. Dalam rangkaian kegiatannya, Gamatechno telah melakukan sosialisasi pada Sabtu 19 Desember 2015 di Kabupaten Bangka dan Senin 21 Desember 2015 di Kabupaten Pacitan. Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pandangan umum tentang pentingnya pemanfaatan TIK dan penyusunan masterplan di seluruh jajaran pemerintahan dan SKPD.

Gamatechno sebagai pihak penyedia jasa konsultasi penyusunan masterplan TIK sudah berpengalaman dalam membantu puluhan instansi pemerintahan dan pendidikan dalam mengembangkan masterplan. Pengembangan masterplan merupakan sebuah proses pendefinisian strategi untuk mencapai visi dan tujuan organisasi. Masterplan menjadi hal vital bagi organisasi karena dapat mempengaruhi bagaimana sebuah organisasi berjalan dan berkembang kedepannya.

Pada saat ini Kementerian Kominfo menjadikan masterplan TIK sebagai salah satu komponen yang menjadi penilaian dalam program Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). Kegiatan PeGI dilakukan untuk melihat kondisi pemanfaatan TIK pada instansi pemerintah baik di tingkat Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Indonesia. Dalam kegiatan PeGI, telah ditetapkan lima dimensi yang akan dikaji, yaitu perencanaan, kebijakan, kelembagaan, infrastruktur dan aplikasi. Masing-masing dimensi memiliki bobot yang sama dalam penilaian karena saling terkait, dan saling menunjang satu dengan lainnya.

Pada penyusunan masterplan TIK ditentukan rencana teknologi yang digunakan, cakupan software yang diimplementasikan, perangkat keras dan jaringan, rencana perubahan organisasi, estimasi kebutuhan biaya, tahap pengembangan bahkan sampai pengelolaan risiko yang mungkin terjadi.

Muhammad Aditya, Direktur Utama Gamatechno, dalam sosialisasi masterplan TIK menyampaikan bagaimana Gamatechno telah menyusun strategi implementasi TIK yang sesuai peruntukannya untuk tiap kabupaten. Strategi masterplan disusun untuk lima tahun mendatang sesuai dengan visi dari masing-masing kabupaten. Pengalaman Gamatechno yang juga bergerak di bidang implementasi TIK, sangat membantu pada pengembangan masterplan TIK yang implementatif bagi pemerintahan kabupaten.

Kerjasama dengan pemerintah kabupaten Bangka dan Pacitan menambah panjang daftar portofolio Gamatechno sebagai penyedia jasa konsultasi masterplan. Kepercayaan instansi kepada Gamatechno tersebut menunjukkan makin banyak instansi pemerintah daerah yang sadar pentingnya mengembangkan masterplan secara profesional. Dengan semakin banyak pemerintah daerah yang peduli terhadap pengembangan strategi TIK, diharapkan perkembangan pemanfaatan teknologi di tiap-tiap daerah dapat makin meningkat. Sehingga layanan pemerintah kepada publik juga semakin lebih baik seperti yang diharapkan selama ini.

Share Article