Master Plan E-Gov Untuk Kab. Bangka

Master Plan E-Gov Untuk Kab. Bangka

Bertempat di ballroom Hotel Novila Sungailiat, Bangka, pada 25 Oktober 2015, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bangka mengelar kegiatan Forum Diskusi Group (FGD). FGD yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam penyusunan master plan FGD ini dihadiri oleh 46 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah kabupaten Bangka. FGD juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Rahmat Gunawan, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Then Suyanti, tim PT Gamatechno Indonesia yang terdiri dari M Aditya (Direktur Utama Gamatechno) dan Nanang Ruswianto (General Manager Gamatechno) selaku konsultan penyusunan masterplan E-Gov, serta tamu undangan lainnya.

Bupati Bangka diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Harrie Patriade, mengatakan bahwa implementasi E-Government adalah untuk menciptakan customer online dan bertujuan untuk memberikan pelayanan tanpa adanya intervensi pegawai, institusi publik, dan sistem antrian yang panjang hanya untuk mendapatkan suatu pelayanan yang sederhana.

Asmawie Alie, Kepala Dishubkominfo Kabupaten Bangka melalui rilis Bagian Humas, PDE dan Santel Setda Bangka mengungkapkan, E-Gov pada intinya adalah proses pemanfaatan teknologi informasi sebagai alat untuk membantu menjalankan system Pemerintahan secara lebih efisien. Di dalamnya ada dua hal utama yaitu penggunaan TIK (Teknologi informasi dan komunikasi-red) sebagai alat bantu dan pemanfaatannya menjadikan pelayanan pemerintahan.

Dengan adanya E-Gov, diharapkan bukan hanya pihak pemerintahan saja yang mendapatkan kemudahan dalam memberikan pelayanan, tetapi masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan efisien.

Share Article