fbpx

Magelang Cerdas Jadi Jawara di Krenova Kota Magelang

Magelang Cerdas Jadi Jawara di Krenova Kota Magelang

Aplikasi Magelang Cerdas berhasil dinobatkan sebagai juara 1 dalam Kegiatan Inovasi Organisasi Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah 2019 Kota Magelang.

Wali Kota Magelang melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kota Magelang memberikan penghargaan kepada Dinas Komunikasi, Infomatika dan Statistik (Diskominsta) Kota Magelang dalam Kegiatan Inovasi Organisasi Perangkat Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah 2019.

Penghargaan yang diperoleh Diskominsta ini berdasarkan penilaian tim juri kepada aplikasi Magelang Cerdas. Kepala Bidang Teknologi Informasi Diskominsta Kota Magelang, Wikan Kanugroho jika aplikasi Magelang Cerdas memenuhi semua indikator penilaian yang ditetapkan oleh juri.

“Ada banyak indikator penilai yang diberikan oleh juri, yang jelas bermanfaat langsung kepada masyarakat, punya multiplayer effect, ada keberlanjutan, dikembangkan lagi, kemudian direplikasi di daerah lain, ada indeks survey kepuasan di dalamnya,” jelasnya pada Kamis (5/12/2019).

Sebelum akhirnya menyabet gelar jawara, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Wikan menjelaskan jika pihaknya diminta untuk mengajukan proposal terkait produk inovasi yang diajukan, kemudian menunggu proses seleksi, dan akhirnya melakukan paparan langsung di depan langsung.

“Pastinya rancangan yang kita buat harus bisa meyakinkan juri, jika produk inovasi kita benar-benar berguna. Untuk itu kami sertakan pula bukti-bukti dan menulis proposal secara detail,” imbuh Wikan.

Saat pemaparan, juri pun menyebut jika Magelang Cerdas adalah aplikasi kredibel jika terus dikembangkan. Harapannya, aplikasi ini bisa benar-benar mengakomodir semua kebutuhan masyarakat sesuai dengan slogannya yakni one stop portal public service with one touch.

Dalam kompetisi ini, Magelang Cerdas mengalahkan 21 inovasi pesaingnya. Magelang Cerdas terpilih menjadi pemenang setelah mengalahkan produk inovasi dari Dinas Perhubungan dan BPKAD Kota Magelang dengan nilai 85,5.

Dengan penghargaan yang sudah diberikan kepada Magelang Cerdas, Diskominsta menambah komitmen untuk terus mengembangkan platform pelayanan publik ini. Hal ini pun diamini oleh Kepala Diskominsta Kota Magelang, Catur Budi Fajar.

“Untuk menyempurnakan Magelang Cerdas, kami menggandeng Gamatechno dari 2017 hingga sekarang,” jelasnya.

Magelang Cerdas merupakan aplikasi layanan publik pemerintahan sebagai pendukung terciptanya smacrt city. Semua data dan layanan di dalamnya sudah terintegrasi. Sehingga masyarakat tak perlu repot dalam mendapatkan informasi dan layanan dari masyarakat. Platform serupa tak hanya bisa diimplementasikan di Kota Magelang saja, kini giliran daerah-daerah lainnya untuk mengimplementasikannya.

Catur menambahkan jika pihaknya juga akan mensosialisasikan aplikasi ini kepada masyarakat. Agar masyarakat bisa dimudahkan dalam mendapatkan pelayanan.

Pada tahun 2018, Diskominsta pun berhasil menyabet gelar juara 1 untuk aplikasi Data Go. Harapan mereka, aplikasi Magelang Cerdas ini tidak hanya mendapatkan penghargaan di tingkat kota saja. Magelang Cerdas diharapkan bisa menjadi produk inovasi terbaik di Jawa Tengah dan nasional.

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu