Launching Website TPID DIY

Launching Website TPID DIY

Minimnya informasi harga bahan pangan yang terpercaya akan mempengaruhi efisiensi keputusan yang diambil oleh para pelaku ekonomi di tingkat nasional dan daerah. Dengan adanya transparansi harga bahan pangan, diharapkan akan terjadi konvergensi harga yang akan mengurangi potensi gejolak perekonomian di daerah.

Pada hari Kamis, 14 Maret 2013, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X meresmikan Website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) dan Penyerahan Bantuan Bank Indonesia Program Sosial Responsibility kepada UMKM di Kabupaten dan Kota se DIY, di Dusun Burikan, Desa Sumberadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Acara tersebbut dihadiri juga oleh Deputy Bank Indonesia Hartadi H Sarwono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Yogyakarta Mahdi Mahmudi dan Wakil Bupati Sleman Yuni Sri Rahayu.

Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, “dalam pengembangan pemasaran usaha, keberadaan website sangat diperlukan. Sebab melalui website tersebut, masyarakat menjadi tahu secara pasti perkembangan harga berbagai komoditas yang diperlukan”.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia di Yogyakarta Mahdi Mahmudi mengungkapkan, “tujuan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis di DIY adalah, dalam rangka membangun dan mengembangkan system pelaporan informasi harga pangan strategis yang efisien. Pemilihan media internet dinilai sebagai media informasi yang paling efektif dan website PIHPS memberikan informasi harga komoditas yang informative, user friendly, serta mudah diakses dari berbagai tempat dan setiap waktu.

Dari sisi output, pengembangan PIHPS bermanfaat sebagai acuan pelaku usaha dan produsen dalam menetapkan harga, sebagai acuan konsumen dalam membeli, sebagai sinyal awal terjadinya gejolak harga komoditas di pasar, dan sebagai bahan kajian untuk memahami perilaku harga komoditas dan melihat keterkaitan harga antar wilayah.

Pada masa yang akan datang website ini akan dikembangkan sehingga mampu menampilkan data perkembangan harga dari 5 Kabupaten dan Kota di DIY. Website ini dapat di akses melalui http://www.tpid-diy.org/ dan PT. Gamatechno Indonesia sebagai vendor yang mengembangkan website Pusat Informasi Harga Pangan Strategis berharap dengan dilaunchingnya Website TPID ini, kelompok pembudidaya ikan air tawar, semua pihak kaum tani, maupun pedagang DIY dapat terbantu dan mendapatkan manfaat yang optimal.

Share Article