ITCC di Fakultas Teknik UNY

ITCC di Fakultas Teknik UNY

Peluang kerja di bidang IT saat ini sangat besar dan persaingan di dalamnya pun cukup ketat. Hal ini menjadi tuntutan tersendiri bagi mahasiswa untuk terus mengikuti perkembangan dan meningkatkan skill di bidang IT.

Gamatechno sebagai salah satu perusahan IT Indonesia bersama HIMANIKA menyelenggara­kan IT Clinic Carrer (ITCC). ITCC diselenggarakan pada Kamis, 20 Febuari 2014 di Gedung KPLT FT UNY lantai tiga. Dengan tema “Technopreneurship dan sukses karir di bidang TI bersama gamatechno group”, acara ini mengajak mahasiswa untuk lebih mengetahui peluang-peluang kerja di bidang IT. Terdapat tiga materi yang disampaikan, yaitu tentang: gairah karir dan wirausaha TI, pengenalan anak perusahaan Gamatechno, yaitu AINO, dan sharing bersama alumni dari FT UNY yang sukses berkarir di Gamatechno.
Materi pertama diisi oleh Direktor Gamatechno, yaitu bapak Adityo Hidayat. Beliau memaparkan dua pilihan berkarir di bidang IT, yaitu sebagai IT profesional atau menjadi technopreneur.

“Hal penting untuk jadi IT professional adalah harus jujur terhadap kemampuan diri sendiri, attitude, portofolio atau jam terbang, dan social network literate,” papar Bapak Aditio.

Bagi yang ingin menjadi wirausahawan IT atau biasa disebut technopreneur, beliau megungkap­kan bahwa ide yang orisinil dan unik menjadi hal yang penting. Setelah ide muncul, harus mulai membentuk tim dan membuat produk yang bernilai. Memilih cara marketing yang tepat, keefektifan dan efisiensi kerja serta pemilihan timing yang tepat juga akan mempengaruhi kesuksesan dalam menjadi technopreneur.

Pada sesi kedua, Yuanda Bhima Fesida, sebagai Businnes Development Manager dari AINO menceritakan bagaimana proses berkembangnya AINO dan jenjang karir karyawannya. Selanjutnya pada sesi ketiga, diisi oleh Apris Kiswandi, Senior Developer dari Gamatechno. Apris Kiswandi sebagai alumni dari Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika, berbagi mengenai pengalaman dan awal bagaimana bisa menjadi senior developer dan berkarir di Gamatechno.
Pada sesi terakhir diadakan sesi sharing dan tanya jawab, kemudian disusul dengan tes potensi dan penyerahan doorprize.

Ibu Ratna Wardhani, selaku Kaprodi Pendidikan Teknik Elektronika menyatakan kalau agenda semacam ini sangat baik karena bisa membuka banyak wawasan dari mahasiswa. Diharapkan dengan mengikuti acara seperti ini, mahasiswa bisa termotivasi dalam kuliah ataupun dalam berkarya.

Share Article