Integrasikan Layanan Dalam Satu Aplikasi, Solo Raih Penghargaan Kota Cerdas Indonesia

Integrasikan Layanan Dalam Satu Aplikasi, Solo Raih Penghargaan Kota Cerdas Indonesia

Pemkot Surakarta kembali meraih penghargaan di bidang Smart City atau Kota Cerdas Indonesia terkait penerapan pemerintahan berbasis teknologi pada hari Senin (11/12) di Istana Wakil Presiden. Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla kepada Ahyani dari Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) mewakili Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo. Surakarta berhasil memperoleh penghargaan dalam empat kategori sekaligus, yaitu ekosistem teknologi finansial, ekosistem kompetitif, kesiapan infrastruktur, dan rating sosial cerdas.

Keberhasilan memperoleh penghargaan kota Cerdas ini tak lepas dari komitmen pengembangan teknologi informasi Pemkot Surakarta selama ini. Program saat ini adalah mengintegrasikan seluruh layanan Pemerintah kota dalam satu genggaman gawai melalui aplikasi Solo Destination. Solo Destination adalah sebuah aplikasi terintegrasi yang menyediakan informasi city guide, sosial media, dan pemantauan lalu lintas berbasis mobile yang pertama di Indonesia. Solo Destination jadi aplikasi unggulan kota Surakarta yang menyediakan beragam informasi mulai dari tempat wisata, informasi hotel, bahkan transaksi pajak dan retribusi daerah dapat dilakukan secara non tunai dalam satu aplikasi.

Solo Destination dikembangkan pertama kali pada tahun 2014 oleh Pemkot Surakarta bekerja sama dengan Gamatechno sebagai Mobile City Guide pertama di Indonesia (mCity). Awalnya Solo Destination dibangun sebagai aplikasi mobile yang membantu wisatawan untuk menjelajah dan menikmati indahnya kota Surakarta dengan menggunakan perangkat smartphone. Bermacam terobosan terus dilakukan dengan menambahkan berbagai fitur, mulai dari transportasi, wisata, kuliner, kesehatan, hingga layanan pemerintah kota semua dalam satu aplikasi.

Fitur utama Solo Destination saat ini terdiri dari informasi Kuliner, Pariwisata, E-Pajak, Perizinan, Transportasi Publik, Fasilitas Umum, Info Lalin, Aduan Masyarakat, Tur Virtual Kota Solo, Radio Anak, Harga Pangan, hingga informasi event-event terbaru di kota Solo. Aplikasi Solo Destination bisa didownload secara gratis oleh masyarakat melalui Google Play Store. Hingga saat ini aplikasi sudah 20.000 kali didownload oleh pengguna.

aplikasi smart city, smart city

Aplikasi Solo Destination

“Terbaru kini masyarakat Solo bisa mengambil nomor antrean periksa di RSUD melalui aplikasi, tak perlu lagi datang subuh-subuh untuk ambil nomor,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP) Solo, Sri Wardhani Poerbowidojo di kutip dari Solopos.com.

Bersama aplikasi Solo Destination, Pemerintah kota optimis mewujudkan program “Solo Smart City 2018”. Sebagai penyedia solusi layanan smart city di Indonesia, Gamatechno siap membantu kota-kota lain di Indonesia melangkah menerapkan konsep smart city.

Share Article

Contact Us

Phone: +62 274 5661 61

Fax: +62 274 5661 60

Email: info@gamatechno.com

 

Head Office: Jl. Cik Di Tiro No.34, Terban. Yogyakarta - 55223

Jakarta Office: Gedung UGM Samator Pendidikan Lantai 10 Jl. Dr. Sahardjo No.83 Tebet, Manggarai, Jakarta Selatan - 12850

Bali Office: PT Nata Gama Persada Jl. Sidakarya No.192 Denpasar, Bali

 

About Gamatechno

Company Profile

Awards & Acknowledgement

Clients & Associations
Partners

Portfolio

Smart City Solution

Careers

Quick Links

Gamatechno Blog

Newsroom

Success Story

Aino Indonesia

Solusi Kampus Indonesia

Global Data Inspirasi