Integrasi KTM UGM Sebagai Tiket Transjogja

Integrasi KTM UGM Sebagai Tiket Transjogja

KTM UGM (kartu mahasiswa) saat ini bukan hanya sekedar kartu administrasi di kampus saja. Inovasi, yang baru pertama dilakukan di Indonesia, dilakukan oleh UGM bekerjasama dengan Dishubkominfo DIY dan PT. Gamatechno Indonesia (sebagai penyedia layanan Integrated Smartcard System) menjadikan kartu mahasiswa tersebut dapat digunakan sebagai tiket elektronik bus TransJogja.

Pada hari Kamis, 29 Desember 2011, bertempat di Halte TransJogja, Terminal Condong Catur, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dilakukanlah ujicoba perdana yang langsung dilakukan oleh Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) RI., Bambang Susantono. Ujicoba diawali dengan proses aktivasi singkat integrasi KTM-TransJogja menggunakan perangkat aktivasi yang telah disiapkan. Setelah aktivasi dilakukan, selanjutnya KTM dapat difungsikan sebagai tiket elektronik bus TransJogja dapat diisi ulang setiap bulan. Selain KTM, dilakukan juga ujicoba kartu bank mitra sebagai tiket elektronik bus.

Inovasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi para mahasiswa untuk memanfaatkan angkutan umum. Sebagai bentuk kemudahan lainnya, diberlakukan tarif khusus yang lebih menguntungkan bagi para mahasiswa, yaitu hanya dengan Rp. 100.000 per 30 hari dapat digunakan sepuasnya, tidak terbatas rute tertentu dan jumlah perjalanan.

Untuk sementara waktu, aktivasi dapat dilakukan di kantor Radio Swaragama (belakang Gelanggang Mahasiswa UGM), dan fasilitas ini hanya dapat digunakan oleh S1 dan D3 UGM. Namun, diharapkan dapat segera dimanfaatkan oleh jenjang pendidikan lain dan kampus-kampus lain di Jogjakarta. Diharapkan, semakin banyak mahasiswa menggunakan angkutan umum sehingga mendukung pemerintah dalam upaya tanggap isu ekologis. Maju terus sistem transportasi Indonesia!

Share Article