Gamatechno Smartcity Solution Hadir Di Event Internasional TGIF 2016

Gamatechno Smartcity Solution Hadir Di Event Internasional TGIF 2016

Universitas Gajah Mada (UGM) kembali memamerkan produk-produk inovasinya, kali ini dalam event Tangerang Selatan Global Innovation Forum (TGIF) pada tanggal 20-23 September 2016, di kawasan Puspitek, Serpong. Event yg dihadiri 32 negara anggota World Tecnopolis Association (WTA) ini merupakan hasil kerjasama Tangerang Selatan, RISTEK DIKTI, UNESCO, dan WTA. Sebagai salah satu unit usaha UGM, Gamatechno beserta anak perusahaannya, PT AINO Indonesia, turut memperkenalkan Gamatechno Smart City Solution (gtSmartCity Solution).

Dalam event ini, Gamatechno juga berkesempatan memberikan paparan dalam sesi Business Meeting (Investment in Innovation for Suistanable Development). Novan Hartadi, General Manager Research and Business Development Gamatechno, mengungkapkan bahwa gtSmartCity Solution mendukung program smart city dengan menyediakan solusi yang dapat memudahkan berbagai aktivitas penggunanya di 4 ekosistem kota cerdas, yaitu pendidikan, layanan pemerintahan, industri transportasi dan logistik, serta industri life style.

“Solusi yang dikembangkan akan meng-capture data dari pengguna baik melalui aplikasi mobile, aplikasi web, aplikasi embedded device maupun IoT. Data yang didapatkan dapat diolah dan dianalisa untuk keperluan perencanaan, perbaikan layanan, dan lainnya,” ungkap Novan dalam sesi Business Meeting (21/9).

Portofolio implementasi solusi cerdas Gamatechno dan Aino telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Academic Solution yang merupakan salah satu produk unggulan Gamatechno, telah digunakan oleh sekitar 150 kampus di seluruh Indonesia. Produk unggulan dari Aino, yaitu Integrasi uang elektronik di berbagai layanan BRT, jalan toll, parkir, wahana wisata dan theme park bahkan telah menguasai sekitar 24% dari transaksi uang elektronik berbasis kartu secara nasional.

Dalam kesempatan paparannya, Novan juga memperkenalkan inisiatif terbaru dari Gamatechno, Aino, UGM dan Pemda DIY yaitu JogjaPass. Dengan JogjaPass, warga masyarakat DIY dan wisatawan akan dimudahkan dalam mendapatkan akses fasilitas dan layanan dari pemerintah maupun pelaku usaha lokal, baik itu di sektor pendidikan, transportasi, layanan publik, wisata, budaya, dan lainnya.

“Solusi Gamatechno ini akan ikut membantu mewujudkan terciptanya sebuah kota cerdas dan memberikan layanan yang lebih baik bagi masyarakat yang menggunakan. Penggunaan sistem ini memberikan keuntungan dalam penyederhanaan kompleksitas birokrasi, efisiensi waktu, serta pengurangan penggunaan uang tunai dan kertas,” pungkas Novan.

Share Article