Gamatechno Smart City Solution Diperkenalkan Dalam Gelaran Konferensi Internasional PBB Habitat III Surabaya

Gamatechno Smart City Solution Diperkenalkan Dalam Gelaran Konferensi Internasional PBB Habitat III Surabaya

Universitas Gajah Mada (UGM) terpilih menjadi satu dari tiga universitas di Indonesia yang memamerkan produk inovasi di kegiatan The Third Session Preparatory Committe for UN Habitat III (PrepCom3). Habitat III merupakan konferensi tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Konferensi ini merupakan agenda yang dilaksanakan setiap 20 tahun dengan tujuan memastikan komitmen bersama menuju pembangunan perkotaan yang berkelanjutan. Konferensi yang digelar di Grand City Mal Surabaya pada tanggal 25-27 Juli 2016 ini dibuka oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla dan dihadiri oleh lebih dari 3500 partisipan dan delegasi dari berbagai negara.

Gamatechno sebagai salah satu unit usaha UGM turut serta menampilkan produk-produk inovasi solusi smart city. Dalam konferensi ini, Gamatechno yang berada satu booth dengan Gama Early Warning System (Gama EWS) memperkenalkan Bus Rapid Transit (BRT) System Solution, mCity (mobile city directory), dan Pick Point (solusi sistem layanan antar barang, manusia, dan jasa) kepada pengunjung. Ketiga produk yang dibawa dan diperkenalkan Gamatechno ini sesuai dan mendukung program yang dicanangkan PBB dalam Habitat III, yakni  tentang pembangunan perkotaan berkelanjutan untuk mengatasi urbanisasi.

booth gamatechno pbb habitat iii surabaya

Mengutip pernyataan dari Eduardo Marino, Director of research and capacity building UN Habitat bahwa kemakmuran masyarakat yang diukur melalui prosentase di setiap kotanya akan bergantung terhadap seberapa baik layanan publik yang diberikan oleh pemerintah terhadap masyarakatnya. Layanan publik tersebut mencakup prasarana yang akan dihadirkan di calon kota hunian yang setidaknya harus dilengkapi dengan kemudahan dalam mengakses tempat tinggal, transportasi umum, serta kesehatan publik dengan kualitas yang baik, mudah dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Share Article