Gamatechno Bagi Solusi Manajemen Karyawan di Sharing Session “Understanding Millennial Employee”

Gamatechno Bagi Solusi Manajemen Karyawan di Sharing Session “Understanding Millennial Employee”

Gamatechno kembali mengadakan agenda rutin tahunan sharing session pada 5 Agustus 2017 lalu. Sharing session yang diadakan University Club UGM ini mengangkat tema “Understanding Millennial Employee – Managing Millennial Talent in Digital Era Informations”. Sebanyak 48 peserta dari profesional Human Resource (HR), executive, pemilik perusahaan, serta awak media hadir dalam acara. Dimoderatori HR PT Gamatechno Indonesia, Dian Isnawati, acara ini menghadirkan Ridwan Saptoto, S.Psi.,Psi., M.A (Master, Profesi psikolog UGM) dan Sugiyanto, S. Sos. MM. ELT (Management Talent, Licensed Trainer dari MWS International, Mentor Home Business Camp Jogja) sebagai narasumber.

Adanya perkembangan peradaban dan revolusi arus informasi memang mau tak mau membentuk kecenderungan sosial kaum muda. Seperti halnya yang terjadi pada Generasi Y alias Generasi Millennial, yang mendominasi kaum muda saat ini. Generasi Millennial atau biasa disebut Millennials adalah mereka yang kelahirannya antara tahun 1981-1994 (beberapa yang lain menyebut hingga sebelum tahun 2000). Sebagian besar Millennials merupakan orang-orang dengan usia produktif yang mendominasi berbagai lini pekerja di perusahaan-perusahaan saat ini.

Menjamurnya para Millennials di perusahaan menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, terutama untuk tim HR. Tantangan ini salah satunya adalah untuk mengelola kenyamanan dan kualitas kerja Millennials agar tak pindah ke perusahaan lainnya. Apalagi bila Millennials tersebut memiliki potensi dan bakat cukup besar. Pastinya mereka merupakan suatu aset besar yang ingin dipertahankan.

Sharing Session, Manajemen Karyawan

Sharing session menghadirkan Ridwan Saptoto, S.Psi.,Psi., M.A dan Sugiyanto, S. Sos. MM. ELT

Dalam mengelola karyawan Millennials diperlukan strategi khusus karena karakter yang berbeda dari generasi sebelumnya. Hal ini menuntut tim HR untuk banyak belajar hal baru agar bisa memaksimalkan potensi dan bakat besar para Millennials. Untuk itu, sharing session yang Gamatechno ini tidak hanya untuk memberikan gambaran tentang Millennials saja, namun bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta untuk dapat berdiskusi secara langsung dengan narasumber.

Salah satu solusi yang Gamatechno tawarkan untuk pengelolaan karyawan adalah aplikasi Eoviz HR yang merupakan aplikasi berbasis cloud untuk sistem manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Eoviz HR memberikan kemudahan dalam pengelolaan data karyawan, pengelolaan waktu kerja, rekapitulasi kehadiran, penyederhanaan pengelolaan gaji dan penghitungan PPh (Pajak Penghasilan), pengelolaan cuti dan izin, serta pelaporan karyawan. Eoviz HR dirancang agar dapat mengelola database presensi karyawan, baik yang dilakukan dengan sistem barcodefingerprint dan smartcard, dan kemudian mengintegrasikannya dengan sistem payroll karyawan. Selain itu, kerumitan dalam penghitungan gaji dan mengetahui kapan karyawan habis kontrak, dapat diselesaikan dengan aplikasi ini.

“Acara ini sangat bermanfaat, terutama karena di perusahaan kami sebagian besar merupkanan Millennials age. Dengan adanya sharing session ini kamu bisa tahu bagaimana membuat mereka nyaman dalam bekerja di perusahaan dan cara mengembangkan bakat yang dimiliki,” jelas Zulkhan Indra Putra, peserta sharing session dari Cover Super.

Adanya forum sharing session ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk berdiskusi antara profesional HR, executive, dan pemilik perusahaan mengenai cara mengelola karyawan  berbakat agar tidak mudah pindah ke perusahaan lain. Kedepannya, sharing session serupa masih akan terus diadakan dan menjadi agenda rutin Gamatechno.

Share Article