Disaster Information System Untuk Osaka University

Disaster Information System Untuk Osaka University

Belum lama ini, hari Kamis 5 Desember 2013 bertempat di Gedung Pusat Fisipol Universitas Gadjah Mada, Gamatechno menandatangani kontrak kerjasama dengan Osaka University – RESPECT dalam pengembangan sistem informasi bencana yang memiliki nama Wide View – Disaster Information Prediction System (W-DIPS). Osaka University – RESPECT yang diwakili oleh Prof Stefano Toshiya Tsukamoto mengatakan bahwa sistem informasi bencana ini merupakan pilot project dari hasil pengalaman dan penelitiannya terlibat dalam penanganan bencana selama beberapa tahun di berbagai belahan dunia.

Sementara itu Direktur Utama Gamatechno, Muhammad Aditya menyambut baik adanya kerjasama ini dan mengharapkan kerjasama ini sebagai langkah awal dari kerjasama berikutnya. Gamatechno menjadikan project ini sebagai salah satu bentuk sumbangsih perusahaan kepada masyarakat Yogyakarta dalam menyediakan solusi yang bermanfaat secara riil dan mengaplikasikan penguasaan teknologi informasi yang tepat guna.

Yogyakarta dipilih sebagai daerah pertama yang tercakup dalam sistem, sesuai dengan keberadaan salah satu satellite office program Osaka University – RESPECT di Institute of International Studies, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (IIS – UGM). Aplikasi W-DIPS yang akan dikembangkan, memiliki keunggulan dalam melihat situasi bencana dari sisi cakupan daerah terdampak secara luas yang akan ditampilkan dalam peta bencana baik untuk publik maupun untuk pihak yang diberi mandat sebagai pusat komando penanganan bencana. Aplikasi ini juga memiliki keunggulan dari sisi sumber informasi dan data, di mana masyarakat yang terdaftar dalam sistem dapat mengirimkan informasi keadaan pribadi maupun lingkungannya ke pusat data.

Menurut rencana Gamatechno akan mengembangkan aplikasi dalam bentuk website, aplikasi mobile dan sistem back-end yang akan mengelola pusat data dan mennyediakan laporan bencana bagi masyarakat dan pemerintah atau badan penanggulangan bencana yang ditunjuk

Share Article