Terobosan Teknologi Komunikasi Tim Lapangan dengan Solusi HT Digital untuk Perusahaan

Terobosan Teknologi Komunikasi Tim Lapangan dengan Solusi HT Digital untuk Perusahaan

 

Jika dalam pekerjaan Anda sehari-hari tidak jauh dari kebutuhan pesan suara untuk mengkoordinasi tim secara instant dan realtime, tentunya Anda tidak asing lagi dengan device bernama HT (Handy Talkie). Alat komunikasi genggam berbasis gelombang radio ini sudah dipakai sejak perang dunia ke II. 

Tapi tahukah Anda, seiring perkembangan teknologi sudah banyak terobosan baru yang diciptakan untuk mempermudah komunikasi dengan sifat instant tersebut? Terlebih lagi untuk level industri tentunya cost, maintenance dan efisiensi perlu menjadi pertimbangan.

Kebutuhan HT untuk Skala Industri

Semakin bertumbuhnya industri berbanding lurus dengan kebutuhan cost yang berdampak pada efisiensi perusahaan. Seperti yang kita tahu penggunaan radio komunikasi HT memiliki regulasi dan syarat khusus digunakan untuk kebutuhan bisnis. Beberapa kendala dan pertimbangan radio HT konvensional:

  • Regulasi pendaftaran frekuensi
  • Keamanan percakapan
  • Biaya pengadaan dan maintenance device
  • Kesulitan memantau posisi anggota team
  • Tidak tersedia output data analisis yang dibutuhkan industri

HT Digital

Digitalisasi Push-to-Talk HT konvensional untuk Bisnis

Konsep digitalisasi tidak merubah fungsi utamanya sebagai alat komunikasi instant yang cepat, mudah dan realtime. Kemudian apa perbandingan utama radio HT konvensional dengan HT Digital dari sisi dasar fiturnya?

Berjalan di Jaringan Internet bukan sinyal radio.

HT digital tidak lagi menggunakan sinyal radio seperti HT konvensional, namun dengan jaringan internet. Dengan begitu tidak perlu lagi membutuhkan perijinan penggunaan frekuensi pada regulator. Disamping itu penggunaan jaringan internet juga memiliki jangkuan yang lebih luas dibandingkan sinyal radio.

Tidak Memerlukan Device Khusus, Cukup Install Menggunakan Smartphone

Berbentuk aplikasi, HT digital bisa langsung diinstal pada semua jenis smartphone. Dengan begitu penggunaan device khusus tidak diperlukan lagi dan jika digunakan pada industri tentu bisa menjadi penghematan. 

Keamanan Percakapan Lebih Terjamin

Faktor keamanan jadi salah satu keunggulan yang ada pada HT digital. bagaimana tidak, dengan HT digital percakapan lebih terjamin karena untuk dapat bergabung dalam saluran percakapan saja, pengguna harus mendapat persetujuan dari operator atau admin. Berbeda lagi jika menggunakan  HT konvensional, setiap pengguna dapat bergabung dengan suatu percakapan jika tahu atau masuk pada frekuensi yang sama. Jika begini tentu kebocoran informasi bisa saja terjadi. 

Adanya fitur tracking yang Mempermudah Melihat Kordinat Team

Perbedaan yang cukup jelas antara HT digital dan konvensional adalah adanya fitur tracking. Dengan berbasis GPS, fitur ini cukup memberi kemudahan terutama untuk melakukan monitoring anggota seperti melihat kordinat tim yang dilakukan secara realtime. Kemudahan ini tentu menjadi nilai plus bagi HT digital. 

Pengaturan Anggota Tim, Manajemen Channel Lebih Mudah

Hal lain yang tidak bisa dilakukan oleh HT konvensional yaitu pemilihan channel percakapan. Tidak adanya manajemen channel tentu akan menyulitkan dalam pengelolaan anggota tim. Berbeda dengan HT digital yang memungkinkan pemilihan jalur komunikasi yang dibutuhkan dalam tim.

Dashboard untuk Menampilkan Analisis dan History Data Percakapan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh HT Digital adalah kemampuannya dalam menampilkan analisis dan history data percakapan. Melalui dashboard, segala aktivitas percakapan yang dilakukan oleh anggota tim dapat dilihat melalui statistik yang lengkap. 

HT Digital

Apa Benefit Perusahaan dengan Memanfaatkan Teknologi Ini?

Pertama, tentu saja dari cost dan efisiensi. Biaya pengadaan device, maintenance dan menyediakan infrastruktur untuk membangun jaringan radio komunikasi. Terlebih lagi bagi sektor industri yang memiliki banyak tim yang memanfaatkan komunikasi ini. Dengan pemanfaatan HT digital, perusahaan hanya berinvestasi pada sistem saja, karena dari sisi hardware hanya membutuhkan smartphone yang diinstall aplikasi saja. Belum lagi berapa biaya yang bisa dipangkas untuk menyiapkan infrastruktur lainnya.

Kedua, kemudahan dari sistem digital yang tidak bisa didapatkan dari radio HT konvensional seperti tracking lokasi tim, SOS button, pesan multimedia, rekaman percakapan hingga kemudahan untuk mengelola anggota dan channel dari back office.

Ketiga, adalah analisis data yang bisa didapatkan dari aktivitas anggota tim di lapangan untuk mempermudah pengambilan keputusan. Misalnya keaktifan anggota, aktivitas channel dan percakapan hingga data-data lain yang dibutuhkan ketika terjadi kejadian emergency.

Siapa Saja yang Bisa Menggunakan Solusi Ini?

Pada umumnya semua jenis industri yang membutuhkan percakapan instant-push-to talk untuk koordinasi tim bisa menggunakannya. Bagi perusahaan yang mempertimbangkan efisiensi dan kemudahan solusi ini tepat untuk dimanfaatkan.

Beberapa jenis industri yang bisa memanfaatkan solusi ini seperti manajemen mall, perhotelan maupun kawasan publik lainnya yang membutuhkan banyak personil lapangan yang saling terhubung. Pengelola kawasan industri, perusahan konstruksi, mice industri (meetings, incentive, convention & exhibition) juga bisa memanfaatkan teknologi ini.

Jangkauan percakapan digital HT ini bisa sangat luas, tergantung ketersediaan jaringan internet. Hal ini juga yang perlu menjadi catatan bagi industri yang area kerjanya tidak dijangkau sinyal internet. Nah tinggal disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi di bisnis yang sedang Anda jalankan.

Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara umum cara kerjanya sama dengan HT konvensional, namun ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

Jika Anda memiliki kebutuhan solusi ini pertama yang harus dilakukan adalah melakukan registrasi di halaman digitalkie.id, atau jika belum yakin Anda juga bisa request untuk didemokan bagaimana cara kerja aplikasinya.

Setelah perusahaan Anda terdaftar, maka Anda bisa mengakses back office untuk mengelola dan memberikan akses kepada anggota tim, membuat dan menentukan channel percakapan sesuai kebutuhan. Anggota tim Anda hanya cukup menginstal aplikasi saja di smartphone mereka dan solusi siap untuk digunakan layaknya HT seperti biasa dengan fitur dan benefit ekstra untuk kebutuhan bisnis Anda.

 

Info selengkapnya bisa kunjungi: digitalkie.id

atau kontak Whatsapp tim Digitalkie di 0274566161 

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu