Digital Tourism Guide di Indonesia

Digital Tourism Guide di Indonesia

ekayaan alam, budaya dan kuliner yang dimiliki oleh Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Di sisi lain pemerintah daerah perlu kanal branding alternatif yang sesuai dengan perkembangan teknologi. Melihat peluang tersebut, Gamatechno mengembangkan aplikasi mCity yang berfungsi sebagai ‘pintu masuk’ para wisatawan untuk berkunjung kesuatu daerah. mCity memberikan berbagai kemudahan layanan informasi bagi wisatawan. Aplikasi mCity dilengkapi oleh berbagai fitur menarik yang membantu wisatawan untuk mendapatkan informasi terkait objek wisata, event dan promosi yang sedang berlangsung, informasi cuaca yang real time dan lain sebagainya.

Dari segi konten, aplikasi mCity menyediakan platform yang sangat mudah untuk dikustomisasi sesuai dengan brand kota yang menggunakannya. Pemerintah daerah, melalui dinas pariwisata dapat menyediakan konten yang diinginkan, sesuai dengan agenda pariwisata daerahnya. Selain itu, mCity juga sangat mungkin untuk diintegrerasikan dengan sistem pembayaran uang elektronik berbasis server maupun smart- card untuk memudahkan transaksi para wisatawan di toko, moda transportasi, maupun parkir.

Kota-kota seperti Solo, Denpasar, Sabang dan Magelang telah memanfaatkan mCity dalam memberikan kemudahan layanan bagi wisatawan sekaligus sebagai media membagun city branding. Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke kota tersebut, dapat langsung mengunduh aplikasi mCity secara gratis dari Google playstore atau applestore.

Aplikasi mCity disetiap kota memiliki diferensiasi yang disesuaikan dengan branding dari kota tersebut. Solo Destination merupakan aplikasi mCity untuk kota Solo yang desainnya didominasi oleh warna merah dengan sentuhan etnik khas keraton Solo. Solo Destination dilengkapi dengan fitur pemantauan CCTV lalu lintas dari beberapa titik di kota Solo. Sedangkan untuk kota Magelang, tampilan aplikasi Ayo Ke Magelang didesain lebih ceria dengan warna yang lebih beragam untuk menunjukkan identitas kota Magelang sebagai kota seribu bunga. Selain itu, Fitur mCity yang dimiliki oleh setiap kota juga berbeda satu dengan yang lain. Aplikasi mCity kota Denpasar, Denpasar Sightseeing, dilengkapi dengan fitur navigasi map dan informasi hotel terdekat dengan lokasi event.

Gamatechno juga memberikan layanan yang memudahkan pemerintah kota untuk melakukan update fitur atau konten mCity sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing kota. Aplikasi mCity Visit Sabang misalnya, menambahkan fitur streaming radio untuk semakin memanjakan wisatawan yang sedang berkunjung di kota tersebut.

Beberapa kota lain di Indonesia, seperti Kendal, Batu dan Yogyakarta sedang dalam proses pengembangan mCity. Gamatechno memberikan peluang bagi pemerintah daerah untuk dapat melakukan kustomisasi mCity sesuai dengan kebutuhan. Gamatechno juga menyediakan layanan tambahan untuk mengembangkan jumlah pengguna aplikasi mCity beserta pengelolaan konten sehingga aplikasi mCity yang telah dihadirkan dapat mencapai tujuan yang diharapkan.

Share Article