Aplikasi Perizinan Dalam Perspektif Smart City

Aplikasi Perizinan Dalam Perspektif Smart City

Belum lama ini Presiden Indonesia Ir. Joko Widodo meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat di BKPM. Jokowi mengatakan, sasaran penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) melalui Badan Layanan Satu Pintu adalah mewujudkan pelayanan publik baik perizinan maupun non-perizinan yang cepat, murah, mudah, transparan, pasti, terjangkau dan akuntabel, serta meningkatkan hak-hak masyarakat terhadap pelayanan publik. Kemudahan pengurusan perizinan diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat proses perizinan para investor untuk menanamkan modal di Indonesia. Hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Gamatechno telah meluncurkan gtPerizinan yang merupakan aplikasi perizinan satu pintu, sejalan dengan misi pemerintah untuk menciptakan kota pintar di sektor pelayanan publik. Aplikasi ini telah sesuai dengan aturan Permendagri No. 24 Tahun 2006 dan Permendagri No. 20 Tahun 2008. gtPerizinan sudah diimplementasikan di berbagai daerah di Jawa, Sumatera, Bangka, Kalimantan, Bali dan Nusa Tenggara. gtPerizinan dilengkapi portal, serta terintegrasi dengan aplikasi mobile dan SMS sehingga memungkinkan semua lapisan masyarakat mendapatkan akses dengan mudah melalui berbagai kanal informasi. Pengelola kantor perizinan dan pimpinan pemerintah pun dapat melihat data pelayanan perizinan dengan cepat dari laporan yang disediakan oleh dashboard sistem back-end aplikasi. Data yang tersedia untuk publik dapat pula dimanfaatkan maupun ditampilkan dalam aplikasi lintas domain lainnya.

Solusi-solusi Gamatechno, termasuk gtPerizinan, dikembangkan dengan teknologi yang mendukung konsep integrasi aplikasi untuk aksesibilitas data antar domain. Salah satu hal yang menjadi enabler dalam mewujudkan Smart City adalah adanya keterbukaan data dari berbagai macam aktivitas pemerintah dan publik. Data yang terbuka, transparan dan akuntabel, dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak untuk membangun layanan-layanan publik dengan kualitas yang semakin baik. Salah satu implementasi dari smart city adalah dengan hadirnya visualisasi data lintas domain dalam bentuk dashboard atau pusat informasi terintegrasi. Nantinya dashboard smart city akan membantu masyarakat dan pemerintah dalam memantau performa sebuah kota.

Share Article