Aplikasi Mobile Perizinan Surakarta

Aplikasi Mobile Perizinan Surakarta

Setelah menjadi yang terdepan dalam mengembangkan Sistem Informasi Perizinan Terpadu Satu Pintu (SI PTSP) di beberapa daerah di Indonesia, Gamatechno berinovasi melengkapi solusi PTSP-nya dengan aplikasi mobile perizinan. Solusi PTSP Gamatechno dikembangkan dalam bentuk aplikasi web yang terintegrasi dengan SMS gateway dan menyediakan modul Kiosk untuk layanan mandiri, portal untuk akses online masyarakat dan dashboard untuk pengelola kantor perizinan. Dengan adanya aplikasi mobile, masyarakat mendapatkan alternatif tambahan dalam mengakses informasi dan mengajukan izin yang diinginkan.

Pemerintah Kota Surakarta, dalam hal ini melalui Dishubkominfo Surakarta, bekerjasama dengan Gamatechno mewujudkan aplikasi mobile Perizinan untuk masyarakat Surakarta. Inovasi yang pertama ada di Indonesia ini memungkinkan pelayanan kantor perizinan Surakarta menjadi lebih maksimal. Aplikasi mobile perizinan online Surakarta saat ini tersedia dalam platform Android, resmi diumumkan oleh Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo di Solo Car Free Day Minggu 7 Desember 2014 bersamaan dengan peluncuran Solo Great Sale 2015.

Secara terpisah Kepala Sub Bidang Pengelolaan dan Dokumentasi Data BPMPT Solo, Dian Prasetyo Adi mengatakan saat ini dari 56 perizinan yang ada, baru sekitar tujuh perizinan yang tersedia melalui aplikasi tersebut. Ketujuh perizinan tersebut antara lain perizinan HO daftar ulang, surat izin usaha perdagangan (SIUP) mikro, tanda daftar perusahaan (TDP) perorangan, izin pemanfaatan ruang (IPR), dan penggantian biaya cetak peta. Ada juga izin praktik bidan dan perawat dan izin kerja bidan dan perawat. Hal tersebut terjadi karena pertimbangan persyaratan perizinan yang sederhana sehingga validasi berkas lebih mudah. Namun dia mengatakan akan terus ada perbaikan dan penambahan layanan perizinan yang bisa dilakukan secara online. Melalui aplikasi ini masyarakat juga bisa mengetahui sejauh mana izin yang dimasukkan telah diproses melalui aplikasi tersebut.

Share Article