fbpx

Sempurnakan Pelayanan, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Gunakan TERAS

Sempurnakan Pelayanan, Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Gunakan TERAS

Menjaga aset perusahaan adalah hal yang penting, terutama menjaga aset yang berkaitan dengan pelayanan publik. Seperti apa yang dilakukan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), di bawah manajemen Angkasa Pura II mereka terus berbenah untuk menjaga aset dan memberikan pelayanan terbaik kepada publik.

Dalam menjaga aset ini, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta mulai mengimplementasikan Terminal Reporting of Airport Service (TERAS). Pembuatan aplikasi ini berawal dari kebutuhan mereka untuk memantau memonitoring seluruh performa fasilitas yang ada.

“Petugas terminal service yang terdapat di bandara Soekarno-Hatta bertanggung jawab pada fasilitas-fasilitas bandara yang banyak. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang dapat memonitoring dan mengetahui performa seluruh fasilitas- fasilitas tersebut,” ujar Wangi Wangi Ardana, IT Non Public Service Supervisor Angkasa Pura II.

Sementara itu, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta memiliki tiga terminal service yang masuk dalam lingkup TERAS yakni Digital Service, Passenger Service, Terminal Inspection Service.

Tak sekedar memeriksa aset, dengan TERAS pihak bandara juga bisa mengecek kehadiran pegawai saat jam masuknya. Pegawai Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta bisa masuk dengan username dan password mereka sembari melakukan pengecekan pada fasilitas bandara.

Software ERP untuk Semua Jenis Bisnis

User login, supervisor melakukan absensi, input siapa saja koordinator untuk melakukan monitoring semua, melakukan inspeksi di area-area di terminal tiga, kehadiran, terus inspeksi, ada nggak barang yg sedang rusak atau tidak,” jelas Mohammad Hanifah Nur Shafrudin, selaku engineer aplikasi dari Gamatechno.

Dari pengukuran tersebut, petugas akan mengetahui mana saja fasilitas dan aset bandara yang rusak atau memerlukan perbaikan lebih lanjut. Dari situ, mereka juga bisa menentukan berapa lama waktu perbaikan yang diperlukan. Semua temuan yang mereka dapat bisa langsung dicatat dan dilaporkan lewat aplikasi TERAS.

“Ada logbook setiap kegiatan dengan digital service di terminal reporting of airport service, misalnya ada pemindahan device, catatan inspeksi barang rusak, semua data-data yg masuk di inspection. Laporan-laporan akan diproses akan diproses oleh manajer untuk bagian di terminal,” imbuh Hanif.

Semua laporan tersebut dihimpun tidak hanya dari proses inspeksi pegawai saja. Penumpang pun bisa memberikan kritik pun masukan kepada layanan dan fasilitas bandara. Misalnya saja tentang berapa banyak pengguna golf car di suatu titik.

Hasil dari laporan tersebut nantinya akan menjadi evaluasi pihak bandara dalam menempatkan fasilitas yang ada. Selain itu, tentu saja laporan yang diberikan akan mempengaruhi lamanya perbaikan atau penanganan terhadap fasilitas yang rusak.

Mulai Digitalisasi Perusahaan Anda di Sini

Wangi menjelaskan jika pihaknya sangat terbantu dengan adanya aplikasi TERAS, koordinasi antar divisi menjadi lebih mudah. Selain itu pencatatan hasil inspeksi pun tidak dilakukan secara manual di WhatsApp.

“Laporan lebih mudah karena sudah tersusun secara otomatis dari sistem, penanganan untuk fasilitas yang rusak pun akhirnya menjadi lebih cepat,” jelasnya.

Kedepannya, pihak Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta berencana menambahkan sejumlah fitur pada TERAS. Beberapa menu seperti inventaris serta stok barang akan dimasukkan pada proses developer aplikasi kedua.

Share Article