mCity Antarkan Kota Magelang Raih Penghargaan Kota Cerdas 2017

 

 

ImageArtikel Magelang CerdasRev

 

 

 

Aplikasi mobile “Magelang Cerdas” diresmikan tanggal 24 Mei 2017 oleh Wali Kota Magelang Ir. Sigit Widyonindito dan Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistika (Diskominsta) kota Magelang, Drs. Catur Budi Fajarsumarno, MM. Aplikasi berbasis android ini merupakan aplikasi mobile city (mCity) yang dikembangkan oleh Gamatechno. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu membantu optimalisasi promosi wisata, karena kota Magelang dikenal dengan kota wisata di daerah Jawa Tengah yang setiap tahunnya menargetkan kenaikan jumlah wisatawan.

 

Magelang Cerdas memudahkan masyarakat untuk dapat melakukan pelacakan progres perizinan mereka melalui aplikasi ini hanya dengan memasukkan nomor permohonan perizinan saja. Dari sini masyarakat Magelang bisa mengetahui estimasi waktu permohonan izinnya keluar, tanggal survei, detail jenis permohonan sampai dengan informasi petugas survei perizinan terkait. Fitur ini terintegrasi langsung dengan sistem perizinan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Magelang. Bukan hanya itu saja, mereka juga menambahkan fitur yang terintegrasi dengan Sistem Penaggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), masyarakat dimudahkan untuk mendapatkan informasi layanan kesehatan dan stok darah yang tersedia.

 

Selain itu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, pemerintah kota Magelang merangkul masyarakat untuk mempromosikan produk-produk UMKMnya melalui satu platform Magelang Cerdas. UMKM juga memiliki potensi sebagai sektor mikro yang mengangkat kekayaan kearifan lokal pada suatu daerah dan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

 

Pemerintah kota Magelang bersama dengan Gamatechno terus berinovasi untuk menjadikan kota Magelang menuju smart city. Magelang mendapatkan penghargaan sebagai kota cerdas kategori kota kecil pada Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) oleh Insitut Teknologi Bandung tahun 2017.

 

‘’Kita pada tahun 2015 menempati ranking pertama Kota Cerdas, sekarang kita tetap tempati ranking pertama. Capaian ini dari waktu ke waktu terus kita evaluasi, kita tingkatkan. Tujuannya agar pengelolaan kota semakin profesional dan memberikan manfaat sebesar-besarnya dalam rangka melayani masyarakat,’’ ujar Sigit Widyonindito ( Wali Kota Magelang ).

 

Gamatechno akan terus memberikan dukungan kepada seluruh kota di Indonesia untuk mewujudkan kota cerdas dengan misi utama memberikan layanan terbaik untuk membantu pemerintah dan masyarakat.

 

Informasi lebih lanjut mengenai platform mCity kunjungi: mcity.id