Optimalkan Layanan, RSA UGM Luncurkan Aplikasi Berbasis Android

 

 

Picture aplikasi RSA UGM Online

 

Permasalahan umum yang banyak dihadapi oleh institusi rumah sakit di Indonesia adalah pelayanan, terutama proses pendaftaran dan antrian pasien yang memakan waktu cukup lama. Bertepatan dengan momentum ulang tahun yang ke-6, Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM) meluncurkan aplikasi berbasis android “RSA UGM Online” dengan tujuan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

Aplikasi ini memungkinkan pasien dapat melihat jadwal dokter, ketersediaan tempat tidur, artikel kesehatan, hasil laboratorium, dan melakukan registrasi tanpa harus antri. Melalui aplikasi ini pasien diharapkan mendapatkan kenyamanan dan dapat meningkatkan daya saing RSA UGM di era yang semakin kompetitif menuju transformasi digital. Gamatechno sendiri dipercaya sebagai mitra RSA UGM untuk pengembangan aplikasi ini.

“Kita akan menjalankan hal yang seperti itu (pendaftaran online) kalau bisa kita akan menjalankan inovasi terkait yang lain supaya apa yang bisa kita perbaiki menjadi lebih baik,” ujar Prof dr Arif Faisal SpRad(K) DHSM (Direktur Utama RSA UGM) dikutip dari tribun.

Fitur utama yang dimiliki ialah registrasi online, dengan fitur ini pengguna dapat menggunggah dokumen secara online sehingga tidak perlu membawa berkas saat proses pendaftaran. Aplikasi ini memungkinkan pasien untuk dapat menggunakan kartu BPJS mereka, karena sistem yang tersedia di aplikasi “RSA UGM Online” sudah terintegrasi sehingga semua data permintaan rawat jalan akan masuk ke sistem admisi RSA UGM.

Sedangkan untuk fitur jadwal dokter, pengguna dapat memonitor jadwal dan kehadiran dokter pada hari yang telah dipilih serta berapa banyak antrian pada dokter yang hendak mereka tuju. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menentukan jadwal kunjungan maupun mengganti ke dokter lain dengan antrian yang lebih sedikit. Aplikasi RSA UGM Online sudah dapat diunduh melalui playstore sejak Senin, 7 mei 2018 lalu .