Tingkatkan Mutu, SMK PN-PN 2 Purworejo Kembangkan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah

Tingkatkan Mutu, SMK PN-PN 2 Purworejo Kembangkan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah

Jenis Institusi : Pendidikan

Lokasi : Purworejo, Jawa Tengah

Jumlah Siswa : 1.039 Siswa

 

SMK PN-PN 2 Purworejo merupakan salah salah satu institusi pendidikan jenjang menengah kejuruan yang berada di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Memiliki 7 kompetensi keahlian meliputi Teknik Gambar Bangunan (Arsitektur), Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Permesinan, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Audio Video (Elektronika), Multimedia serta Teknik Sepeda Motor menjadikan SMK PN-PN 2 Purworejo salah satu sekolah kejuruan favorit di Jawa Tengah yang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik.

 

Kurangnya Akuntabilitas dan Kesulitan Evaluasi Anggaran

Sebagai salah satu sekolah kejuruan favorit tentunya membuat minat para pelajar di Jawa Tengah khususnya Purworejo untuk menempuh pendidikan di SMK PN-PN 2 Purworejo sangat tinggi. Hal tersebut menjadikan SMK terbesar di Purworejo ini sebagai tujuan utama bagi siswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan khususnya di tingkat kejuruan. 

Adanya 7 kompetensi jurusan yang dimiliki membuat SMK PN-PN 2 Purworejo memiliki jumlah siswa yang mencapai angka ribuan. Dengan jumlah siswa yang sangat banyak tersebut tentunya menjadi kendala bagi staff keuangan dalam melakukan pengelolaan administrasi keuangan. Selama ini sistem pengelolaan keuangan masih dilakukan secara manual, sehingga sangat rentan sekali terjadi kesalahan bahkan proses pengelolaan keuangan pun harus ditempuh dengan waktu yang tidak singkat.

Sistem manual juga menyebabkan pihak sekolah kesulitan dalam melakukan evaluasi terhadap penggunaan anggaran. Sistem ini juga dirasa kurang lagi akuntabel jika terus digunakan.

Hal ini lah yang membuat pihak sekolah melakukan evaluasi dalam pengelolaan keuangan serta mencari solusi yang bisa sebagai pemecah persoalan pengelolaan keuangan tersebut. 

Sistem Informasi Manajemen Keuangan

Sistem informasi manajemen keuangan sekolah

Penertiban Administrasi hingga Evaluasi Penggunaan Anggaran

Disamping metode pendidikan yang diberikan, pelayanan sekolah terhadap siswa salah satunya layanan administrasi keuangan juga menjadi salah satu faktor yang dapat berpengaruh terhadap tingkat mutu atau kualitas pendidikan yang diberikan oleh sekolah. Layanan keuangan ini harus dapat dikelola dengan baik sehingga pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah, akuntabel serta transparan. Perbaikan layanan keuangan sekolah dapat dilakukan melalui transformasi pada sistem pengelolaan administrasi keuangan.

Bekerjasama dengan PT Gamatechno Indonesia, SMK PN-PN 2 Purworejo melakukan transformasi digital pengelolaan keuangan sekolah. Dengan sistem manajemen keuangan sekolah berbasis digital ini SMK PN-PN 2 Purworejo kini mampu mengelola administrasi keuangan sekolah dengan lebih baik dimana sistem yang dikembangkan merupakan sistem yang terintegrasi. Mulai dari pencatatan pembayaran siswa, arus kas hingga laporan keuangan kini dapat dilakukan sekaligus menggunakan sistem administrasi keuangan ini. 

Dengan adanya sistem manajemen keuangan, SMK PN-PN2 Purworejo pengelolaan keuangan menjadi lebih akuntabel sehingga pengelolaan administrasi keuangan sekolah menjadi tertib. Melalui sistem ini menjadikan pihak sekolah memiliki acuan dalam melakukan evaluasi terhadap penggunaan anggaran hingga sejauh mana serapan anggaran yang telah dilaksanakan.

“Adanya sistem ini diharapkan sekolah dapat melakukan penertiban keuangan agar lebih akuntabel serta dapat melakukan evaluasi penggunaan anggaran sampai sejauh mana penyerapan anggaran dan kegiatan apa yang belum dapat dilaksanakan dengan melihat sisa anggaran”, ungkap Sugiri selaku Kepala Sekolah SMK PN Purworejo.

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu