Platform Garansi Digital Sidig Ajak Produsen Digitalkan Layanan Garansi Produk Mereka

Platform Garansi Digital Sidig Ajak Produsen Digitalkan Layanan Garansi Produk Mereka

Saatnya Beralih dari Kartu Garansi Fisik ke Platform Garansi Digital?

Seperti yang kita tahu, layanan garansi saat ini mayoritas masih menggunakan sistem yang sudah cukup lama digunakan. Saat konsumen membeli sebuah produk, disertakan lembar khusus yang akan digunakan sebagai data klaim garansi saat produknya mengalami masalah ketika dalam masa garansi.

Walaupun ada juga produk dari brand besar yang memiliki layanan garansi digital mereka sendiri. Teptapi perlu diingat, konsumen kemungkinan memiliki banyak produk begaransi yang jika setiap produsen membuat layanan masing-masing, akan tidak efektif untuk memiliki multiple account untuk produk yang berbeda. Adakah cara yang lebih mudah dari yang diatas?

 

 

Garansi fisik tentu saja memiliki banyak kekurangan baik dari sisi produsen maupun konsumen. Pertama adalah dari biaya cetak kertas garansi itu sendiri. Belum lagi untuk melindungi dari kartu garansi palsu masih diperlukan kertas khusus, stiker hologram atau media lain untuk mencegah pemalsuan kartu garansi yang tentunya biayanya cukup mahal. Belum lagi sebagai produsen mereka akan sangat sulit mengelola data ribuan pelanggan mereka dan sayangnya tidak bisa memanfaatkan data tersebut untuk keperluan lain.

Kedua bagi konsumen, seringkali mereka abai dengan garansi produk yang mereka miliki. Penyimpanan kartu-kartu garansi yang merepotkan apalagi jika memiliki banyak produk. Masa berlaku garansi juga seringkali terabaikan dan bahkan konsumen sering tidak aware akan hal ini. Solusinya? Baik bagi produsen maupun konsumen, digitalisasi layanan garansi tentu saja membawa banyak benefit bagi mereka.

Maka dari itu, Gamatechno mengembangkan sebuah platform garansi digital Sidig. Sidig mengajak produsen untuk merasakan kemudahan dan benefit menggunakan platform ini. Begitu juga dengan konsumen yang akan mendapatkan banyak manfaatnya. 

Apa dan Bagaimana Platform Garansi Digital, Sidig?

Secara sederhananya begini, produsen memasukan data produk beserta garansinya pada sistem Sidig. Kemudian setiap konsumen yang membeli produknya juga secara otomatis memiliki akses penuh terhadap urusan klaim garansi produknya melalui aplikasi. Ada beberapa proses konvensional yang dipangkas melalui platform ini, sehingga pengelolaan klaim dan manajemen garansi bagi konsumen maupun produsen bisa berjalan lebih simple dan efektif.

Platform Garansi Digital Sidig memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses layanan garansi produk

Platform Garansi Digital Sidig memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses layanan garansi produk

Beberapa benefit yang akan didapatkan oleh pengguna platform ini adalah sebagai berikut.

Produsen: 

  1. Kemudahan manajemen pengelolaan garansi produk konsumen dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan layanan garansi digital.
  2. Efisiensi penyediaan kartu garansi fisik dan mempercepat proses distribusi maupun produksi ke konsumen.
  3. Memberikan jaminan keamanan 

Konsumen:

  1. Memudahkan proses klaim garansi bagi konsumen
  2. Memudahkan penyimpanan data garansi produk yang dimiliki secara digital
  3. Memberikan reminder terkait masa garansi produk
  4. Perlindungan kepuasan konsumen melalui jaminan garansi yang dikelola secara lebih baik dengan digitalisasi

 

Bagaimana Cara Kerja Platform Garansi Digital?

Pemilik produk hanya tinggal mendaftarkan produk atau perusahaannya melalui portal sidig.id. Undang service center dan distributor produk Anda untuk bergabung dan masukan setiap nomor seri produk bergaransi yang dipasarkannya.  Setelah produk didaftarkan oleh pembeli maka otomatis garansi produk tersebut sudah mulai aktif ketika produk itu digunakan oleh konsumen. Layanan garansi digital pun berjalan secara otomatis hingga masa berlaku garansi berakhir.

Produsen memiliki akses khusus melalui back office untuk mengelola data garansi produknya. Sedangkan konsumen juga mendapatkan layanan garansi produk mereka melalui aplikasi mobile yang mereka unduh.

Akses layanan garansi menjadi lebih mudah bagi konsumen dengan aplikasi garansi digital Sidig

 

Sidig, Masa Depan Kemudahan Pengelolaan Garansi Produk Digital?

Dengan semakin banyaknya produsen yang memanfaatkan platform garansi digital, itu berarti ekosistem yang terkait dengan produk tersebut juga akan semakin dimudahkan. Mulai dari produsen, distributor, reseller, service center, regulator hinga konsumen itu sendiri. Pemilik produk akan semakin puas dengan layanan purna jual produknya. Pemerintah sebagai regulator juga dapat melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap perlindungan kepuasan pelanggan pada produk yang telah beredar di publik. Banyaknya produsen yang aware dan menjamin layanan purna jualnya, itu berarti kualitas produk dalam negeri kita semakin baik.

Pada akhirnya nanti, baik produk rintisan maupun produk lokal bisa bersaing secara nasional bahkan global. Informasi lebih lanjut dan pendaftaran Sidig platform garansi digital kunjungi: sidig.id

garansi digital

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu