Angkasa Pura Solusi, Digitalisasi urusan HR untuk Kelola Ribuan Karyawan Bandara di Indonesia dengan ERP

Angkasa Pura Solusi, Digitalisasi urusan HR untuk Kelola Ribuan Karyawan Bandara di Indonesia dengan ERP

Angkasa Pura Solusi, Digitalisasi urusan HR untuk Kelola Ribuan Karyawan Bandara di Indonesia dengan ERP

 

Profil Singkat Perusahaan:

Jenis Industri : Jasa pelayanan kebandarudaraan

Lokasi : Jakarta (Kantor Pusat) & 20 kantor tersebar di bandara di Indonesia

Total Pegawai : 9073 Karyawan

 

Angkasa Pura Solusi merupakan salah satu anak perusahaan PT Angkasa Pura II (Persero) yang bergerak dalam bidang konsultasi dan service bandara. Menjadi salah satu perusahaan pengelola bandara di Indonesia, Angkasa Pura Solusi dituntut dapat mengelola ribuan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tersebar di 20 bandara yang ada di Indonesia secara efektif dan efisien.

 

Tantangan Mengelola Ribuan SDM

Menjadi perusahaan pendukung penyediaan layanan bandar udara dengan area pengelolaannya berada di 20 kantor cabang membuat Angkasa Pura Solusi harus berpikir serius dalam mengelola ribuan karyawannya. 

Pekerjaan yang sifatnya transaksional kerap kali rentan terjadi kesalahan, selain itu proses pengerjaannya juga memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk mengakomodasi seluruh kebutuhan karyawannya yang berjumlah cukup besar. Tidak dapat dipungkiri bahwa kesalahan-kesalahan tersebut pun dapat menimbulkan komplain dari karyawan. 

Sedangkan pada proses rekrutmen, sistem manual juga seringkali dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan yang mengatasnamakan perusahaan. Panggilan tes calon pegawai acapkali menjadi modus yang digunakan oleh para penipu untuk mendapatkan uang dari para kandidat. 

“Banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan dan cukup merugikan perusahaan karena proses rekrutmen yang dilakukan masih secara manual. Ini bisa menjadi boomerang yang menjadikan kita harus mengevaluasi bahwa rekrutmen secara digital harus segera dilakukan”, jelas Jati Permana, HR Administration Manager PT Angkasa Pura Solusi.

Oleh karena itu APS merasa penting untuk segera melakukan digitalisasi dalam urusan tata kelola SDM.

 

Bangun Efisiensi dengan transformasi digitalisasi HR  

Dengan berbagai tantangan yang dihadapi, Angkasa Pura Solusi memutuskan untuk gunakan sistem ERP untuk membantu operasional urusan karyawan dan HR mereka. Pekerjaan-pekerjaan strategis akan.

Dengan sistem digitalisasi tersebut, pekerjaan yang sifatnya transaksional kini dapat dilakukan oleh Angkasa Pura Solusi dengan lebih efisien, sedangkan pekerjaan yang bersifat strategis menjadi meningkat.

Bersama Gamatechno Indonesia, Angkasa Pura Solusi bekerjasama untuk mengembangkan sistem digitalisasi pengelolaan SDM sejak 2017 dengan implementasi ERP. Ada 4 fase dalam pengembangan sistem ERP yang dilakukan oleh Angkasa Pura Solusi. Pada fase pertama di tahun 2017 dilakukan implementasi sistem ERP untuk proses pengelolaan database karyawan serta data center dari segala modul HR. Kemudian dilanjutkan fase kedua di tahun 2017 diimplementasikan modul employe self service. Fase ketiga yang dilakukan pada tahun 2018 dilakukan implementasi online recruitment system dan pada fase terakhir di tahun 2020 diimplementasikan modul daily activity management report.

“Seluruh pekerjaan yang ada di HR ini sebetulnya sekarang sudah bisa dilakukan dengan mengintegrasikan itu ke teknologi. Jadi kedepannya overall HR bisa lebih melakukan pekerjaan secara efektif untuk memaintenance SDM nya, secara data bisa kita kelola dengan baik dengan cara menggunakan teknologi”, imbuh Jati.

 

Simak lebih lengkap dalam video webinar di Channel Youtube Gamatechno

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu