Pemprov DIY Sosialisasikan Blueprint TIK, Dukung Pemerintahan Berbasis Elektronik

Gamatechno,Blueprint,D.I YogyakartaSosialisasi blueprint oleh Gamatechno kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di D.I Yogyakarta, Selasa (19/02/2019).

 

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) D.I Yogyakarta bekerja sama dengan Gamatechno menggelar sosialisasi blueprint kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di D.I Yogyakarta.

 

Dalam sosialisasi yang digelar di Aula Diskominfo D.I Yogyakarta, pada Selasa (19/02/2019) ini, Gamatechno diwakili oleh Nanang Ruswianto. Jasa penyusunan blueprint TIK merupakan salah satu layanan Gamatechno untuk membantu pemerintah maupun instansi untuk membuat rancangan detail pengembangan sistem.

 

Kepala Diskominfo D.I Yogyakarta,  Rony Primanto Hari penggunaan blueprint di lingkungan Pemerintah Daerah D.I

 

"Gunanya untuk menyusun pedoman sistem informasi di pemerintahan daerah dan pemetaan kondisi yang ada di daerah untuk mendukung pemerintahan berbasis elektronik atau e-government. Tujuannya menyusun kerangka perda tata kelola pemerintahan dan pelayanan berbasis elektronik yang efektif dan efisien," ungkap Rony dalam pertemuan tersebut.

 

Rony juga menceritakan jika sebelumnya OPD di lingkungan D.I Yogyakarta sempat kewalahan dengan data yang tidak terintegrasi.

Gamatechno,Blueprint,D.I YogyakartaSosialisasi blueprint oleh Gamatechno kepada organisasi perangkat daerah (OPD) di D.I Yogyakarta, Selasa (19/02/2019).

 

"Berbagai macam sistem yang ada di pemerintahan tak terintegrasi dengan baik, maka menjadi tidak efisien, ada berbagai cara untuk memasukkan data, padahal data dan yang dimasukkan tersebut sudah ada di salah satu sistem," imbuh Rony.

 

Maka dari itu, Rony berpikir jika blueprint merupakan solusi yang tepat untuk Pemerintahan D.I Yogyakarta pada tahun 2019 ini.

 

"Blueprint ini diterapkan untuk menjadi pedoman bapak ibu sekalian nantinya mulai tahun 2019 juga diberi kewenangan untuk mengatur atau memberi rekomendasi usulan-usulan mulai dari sistem hingga hardware," ujarnya.

 

Dengan adanya sosialisasi ini, Rony berharap OPD D.I Yogyakarta bisa belajar dengan cepat.

 

"Oleh karena itu mohon teman-teman bisa mempelajari hal-hal apa yang harus dilakukan, kalau ada masukan kritik atau saran silahkan disampaikan," pungkasnya.