Meningkatkan Daya Saing Produk dengan Manajemen Data Garansi Alat Kesehatan

Meningkatkan Daya Saing Produk dengan Manajemen Data Garansi Alat Kesehatan

Alat Kesehatan merupakan salah satu industri yang paling berkembang di masa pandemi. Tidak seperti industri lainnya, sektor ini malah mengalami peningkatan permintaan yang sangat tinggi. Hal itu membuat daya saing di industri ini sangat tinggi. Meski begitu, industri ini memiliki pengawasan yang sangat ketat oleh pihak regulator karena segala produk yang ada dalam sektor ini memiliki tanggung jawab terhadap keselamatan penggunanya. Oleh karena itu perlu terbentuk sinergi yang baik dengan regulator melalui pemenuhan kewajiban dari principal.

 

Manajemen Garansi Saat Ini Tidak Optimal

 

Meski kebutuhan pasar terhadap produk alat kesehatan sangat tinggi, namun saat ini belum semua industri alat kesehatan menyediakan pelayanan garansi yang maksimal. Padahal layanan garansi menjadi salah satu aspek penting yang dapat meningkatkan daya saing bagi produk. Salah satu faktor yang membuat belum maksimalnya pemberian layanan purna jual ini karena adanya menejemen garansi yang terlalu panjang sehingga malah menyulitkan bagi principal untuk memberikan layanan bagi konsumen.

Saat ini untuk melakukan validasi data klaim garansi, principal harus melewati beberapa proses seperti verifikasi data produk, data kerusakan, data garansi hingga pada data ketersediaan sparepart. Tahapan demi tahapan tersebut dilakukan secara manual oleh principal karena belum adanya manajemen data garansi yang terpusat. Tanpa adanya data tersebut tentu untuk melakukan satu pemrosesan terhadap permintaan klaim garansi akan menghabiskan waktu yang lama, belum lagi jika terdapat data dalam ekosistem klaim garansi yang hilang sehingga untuk melakukan verifikasi pun produsen alat kesehatan akan mengalami kesulitan. Jika hal itu tidak segera teratasi tentu akan berpengaruh pada kualitas layanan dan dapat berakibat hilangnya kepercayaan konsumen terhadap produk.

 

Tanpa Data Garansi dan Produk, Pelaporan hingga Pengembangan Produk Sulit Dilakukan

 

Selain permasalahan dalam memproses klaim garansi, pengelolaan garansi yang tidak memiliki manajemen data terpusat juga akan menyulitkan bagi principal untuk melakukan pelaporan kepada pihak regulator. Penyampaian data menjadi kewajiban bagi setiap pelaku industri alat kesehatan sebagai kendali atas kualitas produk yang didistribusikan ke market.  

Semakin banyaknya jenis produk hingga area distribusi yang semakin luas tidak lagi memungkinkan untuk melakukan pengumpulan data secara manual. Disamping dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, principal juga akan kesulitan untuk melakukan validasi pada data garansi yang telah didapatkan. Tidak tersedianya data yang baik tersebut juga akan berdampak pada sulitnya melakukan pelaporan kepada pihak principal yang harus dilakukan secara berkala yang menjadi kewajiban bagi setiap pelaku usaha alat kesehatan. 

Selain itu, tanpa adanya data membuat principal sebagai produsen produk alat kesehatan juga tidak dapat melakukan evaluasi hingga pengembangan atas produk yang dimilikinya. Untuk itu pengelolaan data menjadi hal yang sangat urgent yang harus segera dicarikan solusi oleh perusahaan alat kesehatan agar dapat terus bersaing di sektor bisnis ini.  

manajemen data garansi

Platform Garansi Digital Sidig memberikan kemudahan bagi principal dalam pengelolaan / manajemen data garansi

 

Optimalisasi Majamen Data Garansi

 

Peran data memang sangat penting bagi sebuah produk, terutama pada industri alat kesehatan. Selain untuk kepentingan pelaporan kepada pihak regulator, data juga menjadi bahan untuk melakukan evaluasi dan perencanaan pengembangan produk. Ketersediaan data yang baik juga dapat memperlancar proses pemberian layanan garansi kepada customer.

Melihat berbagai permasalah yang dialami oleh para pelaku industri alat kesehatan diatas, PT Gamatechno Indonesia sebagai salah satu partner transformasi digital terbaik di Indonesia mengembangkan Sidig, all in one platform yang mampu membantu perusahaan alat kesehatan dalam mengoptimalkan layanan purna jual mereka. Melalui platform ini, ekosistem garansi yang semula memiliki alur yang sangat panjang dipangkas agar lebih simple dan mudah sehingga pelayanan klaim garansi dapat dilakukan dengan lebih cepat oleh principal.

Dengan platform Sidig, principal akan semakin mudah dalam mendapatkan dan mengelolaan data garansi baik untuk kepentingan pelaporan maupun sebagai bahan evaluasi seperti seperti profile customer, customer behavior, transaksi, product behavior, klaim garansi hingga data distribusi produk karena sistem ini memiliki manajemen data yang terpusat. Selain itu penggunaan platform Sidig juga akan mampu meningkatkan layanan purna jual kepada konsumen. 

 

Manajemen data garansi

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu