Apa Itu HT Digital dan Manfaatnya?

Apa Itu HT Digital dan Manfaatnya?

Jauh sebelum adanya ponsel pintar, banyak orang mengandalkan walkie talkie atau handy talky (HT) untuk komunikasi dua arah. Namun seiring majunya teknologi komunikasi, HT pun bertransformasi kedalam bentuk digital.

HT digital menawarkan lebih banyak kelebihan dibanding HT konvensional. Didukung oleh teknologi digital push to talk, teknologi ini memungkinkan pekerja berkomunikasi tanpa harus membawa alat genggam konvensional lagi. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan mengulas apa itu HT digital, caranya bekerja, manfaat hingga tips memilih yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda.

Pengertian HT Digital

Handy talkie (HT) merupakan salah satu alat telekominikasi bersifat dua arah yang memanfaatkan frekuensi radio. Alat ini menggunakan teknologi PTT atau push-to-talk di mana pengguna hanya perlu menekan tombol “bicara” untuk berkomunikasi dengan sesama pengguna. Handy talky disebut juga dengan two ways radio.

HT sendiri menawarkan jangkauan dan kejelasan audio yang lebih baik ketimbang walkie talkie atau sinyal analog berkat ketahanannya pada gangguan sinyal dan medan.

Namun majunya teknologi memunculkan HT digital yang memiliki fitur lebih banyak serta tak lagi memakai gelombang radio. HT digital merupakan perangkat lunak yang bisa disematkan dalam smartphone dan bekerja dengan memanfaatkan jaringan internet.

Karenanya, HT digital membutuhkan koneksi seluler atau Wi-Fi. Tapi tidak perlu khawatir karena data yang digunakan hanya sedikit, bahkan bisa dijalankan menggunakan koneksi 2G sekalipun.

Untuk HT digital juga menawarkan fitur lebih beragam, seperti mengirim teks, kemampuan Global Positioning System (GPS) dan lain sebagainya.

Bagaimana HT Digital Bekerja

HT konvensional bekerja dengan cara mengubah suara vokal menjadi kosakata computer (numerik) yang jelas. Sehingga memberi pengguna suara yang jelas dan efisien jika dibandingkan dengan sistem radio analog.

Sama seperti HT konvensional, sesama pengguna HT digital juga mampu saling berkirim pesan suara secara bergantian. Hanya perlu memencet tombol push-to-talk, suara pun akan terkirim. Meski begitu, mekanisme kerja keduanya berbeda.

HT digital tidak perlu membeli unit device lagi karena bisa diunduh dalam smartphone, tetapi perusahaan harus mendaftar dulu ke penyedia aplikasi. Lewat aplikasi Digitalkie misalnya, setelah perusahaan mendaftar maka baru bisa mengakses back office untuk mengelola dan memberikan akses kepada anggota tim, lalu membuat dan menentukan channel percakapan sesuai kebutuhan.

Setelahnya anggota tim hanya cukup menginstal aplikasinya saja, lalu smartphone pun bisa digunakan layaknya HT seperti biasa. Bedanya ada di fitur tambahan.

Perbedaan HT Digital dan Konvensional

Seperti yang sudah disebutkan tadi, HT digital dan konvensional bekerja dengan cara berbeda. Agar lebih jelas, berikut perbedaan utama HT digital dan konvensional.

PerbedaanKonvensionalDigital
SinyalMenggunakan sinyal radioMenggunakan jaringan internet
Izin penggunaanMembutuhkan perizinan penggunaan frekuensi pada regulator.Tidak membutuhkan izin sehingga jarak jangkauan lebih luas.
Monitoring karyawanTidak memiliki fitur tracking.Berbasis GPS, memberi kemudahan monitoring anggota seperti melihat kordinat tim  secara real-time.
Keamanan informasiKebocoran informasi bisa saja terjadi jika setiap pengguna masuk dalam frekuensi yang sama.Lebih terjamin karena untuk dapat bergabung dalam saluran percakapan saja, pengguna harus mendapat persetujuan dari operator atau admin
KompabilitasHT konvensional harus menggunakan device terpisah.HT digital cukup diunduh di smartphone.

 

 

Manfaat HT Digital

Penggunaan HT digital tentunya memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan alat konvensional. menjadikannya pilihan alternatif dalam memastikan komunikasi pengerjaan proyek tetap berjalan dengan lancar. Simak berbagai manfaatnya di bawah ini.

1. Mempermudah komunikasi tim

Dengan menggunakan HT digital, Anda dapat menyampaikan pesan pada sekelompok orang sekaligus. Hal ini mengurangi sulitnya menggunakan ponsel di saat urgent yang kadang terkendala jaringan. Tim pun dapat berbicara tanpa batas waktu menggunakan HT digital bahkan saat jaringan seluler 4G tidak tersedia.

2. Minimalisir biaya

Banyak yang memilih menggunakan software ini karena sifatnya yang kompatibel dengan smartphone, sehingga memangkas biaya pengadaan device. Di sisi lain hanya menyerap jaringan internet yang digunakan sedikit sehingga hemat kuota.

3. Mudah digunakan

Komunikasi menjadi lebih singkat dan sederhana karena pengguna hanya butuh menekan satu tombol untuk menerima atau mengirim pesan. Jadi tidak perlu lagi mencari-cari nama kontak atau nomor, yang mana sering memakan banyak waktu.

4. Pekerja lebih fokus

Penggunaan HT digital membantu mengurangi banyak interaksi fisik karena Anda dapat berkomunikasi dan menerima instruksi dari mana saja. Di sisi lain, software ini juga membantu untuk menghindari drop-off yang kerap terjadi pada ponsel, jika Anda berpindah posisi atau ruangan.

Oleh karena itu, sudah bukan menjadi keraguan lagi kalau HT digital ini bisa menjadi pilihan alternatif dalam memastikan komunikasi pengerjaan proyek di lapangan tetap berjalan dengan lancar.

Kelebihan HT Digital dibanding HT Konvensional

Jelas bahwa kelebihan dari HT digital adalah dari segi efisiensi pengadaan alat atau device serta audio yang sangat terkompresi, serta menggunakan data internet yang lebih sedikit. Walaupun kecepatan internet cukup lambat, aplikasi ini akan tetap bisa menjalankan fungsinya karena dapat bekerja pada koneksi 2G/3G.

Kelebihan lainnya dari HT digital yang tidak dipunya oleh HT konvensional adalah memberi keamanan kerja.

Perusahaan yang beroperasi di lingkungan yang keras dan berbahaya harus memastikan bahwa perangkat komunikasi dilengkapi dengan fitur kesehatan dan keselamatan untuk membantu melindungi pekerja.

Karenanya, HT digital dilengkapi dengan GPS. Jadi manajer atau penanggung jawab proyek bisa secara berkala memeriksa pekerja untuk memastikan bahwa mereka aman. Jika pekerja tidak memberi feedback dalam jangka waktu tertentu, alarm akan dikeluarkan untuk mengeluarkan sinyal keadaan darurat. Fitur lain pun juga disediakan HT digital agar pekerjaan bisa berjalan lancar.

 

Solusi HT Digital

Bagi perusahaan yang membutuhkan efisiensi dan kemudahan komunikasi antar tim, HT digital menjadi solusi yang tepat. Umumnya semua perusahaan yang membutuhkan komunikasi instan berbasis push-to-talk untuk koordinasi tim bisa menggunakannya.
Beberapa jenis industri yang bisa memanfaatkan HT digital, utamanya di kawasan industri seperti perusahan konstruksi, industry MICE (Meetings, Incentive, Convention & Exhibition).

Selain itu, manajemen mall, perhotelan maupun kawasan publik lainnya yang memiliki banyak personil lapangan bisa menggunakannya untuk saling terhubung.

Di sisi lain, tak perlu khawatir dengan jarak karena jangkauan percakapan HT digital sangatlah luas, tergantung ketersediaan jaringan internet. Penggunaan pun tinggal disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi di bisnis yang sedang dijalankan.

Tips Memilih HT Digital

Tertarik menggunakan HT digital untuk mendukung komunikasi tim dalam bekerja sehari-sehari? Ada baiknya untuk mempertimbangkan setidaknya dua tips ini sebelum menjatuhkan pilihan.

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Karena HT digital memanfaatkan jaringan internet, hal ini perlu menjadi catatan bagi industri yang area kerjanya tidak terjangkau sinyal internet. Sehingga faktor-faktor seperti lokasi kerja, aksesibilitas dan banyaknya personil di lapangan perlu dipertimbangkan.

Selain untuk bertukar pesan, HT digital juga bisa mengirim pesan multimedia berupa gambar maupun dokumen. Serta terdapat dashboard untuk monitoring, kontrol dan mengakses data seluruh anggota tim. Jadi pastikan tiap individu dalam tim memiliki keterampilan dalam mengoperasikan fitur-fitur tersebut dan benar-benar memenuhi kebutuhan mereka.

  • Sesuaikan dengan budget yang tersedia

Aplikasi sudah cocok untuk menjawab kebutuhan, lalu apa lagi yang harus diperhatikan? Tentu saja adalah budget perusahaan. HT digital memang tidak membutuhkan anggaran untuk pengadaan device lagi, namun umumnya ada biaya saat pemasangan awal atau dengan sistem berlangganan. Ada pula yang sifatnya gratis, tapi tentu fiturnya terbatas. Jadi pastikan budget Anda mencukupi.

Digitalkie sebagai Aplikasi HT Digital

Digitalkie, salah satu software HT Digital yang bisa diandalkan untuk membantu manajemen komunikasi tim operasional perusahaan. Menawarkan real-time push-to-talk, untuk kebutuhan keamanan kerja, Digitalkie juga dilengkapi tombol emergency dan tentunya GPS untuk kebutuhan tracking lokasi anggota tim.

Tak seperti HT konvensional, semua history percakapan yang dilakukan dapat disimpan, sehingga penggunanya bisa memantau dan memutar ulang agar tidak terlewat informasi penting.

Pengguna Digitalkie pun tak perlu mengatur frekuensi gelombang radio sebelum menggunakannya. Selama terhubung jaringan internet, aplikasi dapat digunakan dengan jangkauan tanpa batas. Tinggal membuka aplikasi dan mengetuk tombol push to talk, pengguna dapat langsung terhubung ke pengguna lain atau grup tertentu yang sudah ditentukan. Selain itu, terdapat fitur channel selection yang membuat penggunanya lebih mudah untuk memilih jalur komunikasi yang ingin digunakan.

Kesimpulan

Seiring dengan pertumbuhan bisnis, kebutuhan akan komunikasi real-time yang lebih andal di berbagai perangkat juga meningkat. Komunikasi yang jelas sangat penting untuk tim beroperasi secara efisien dan HT digital menawarkan banyak keuntungan dibandingkan dengan komunikasi HT konvensional, termasuk jangkauan sinyal yang lebih luas, keamanan percakapan hingga dan menghemat anggaran pengadaan device.

Untuk menggunakannya, HT digital hanya memerlukan Wi-Fi maupun jaringan internet agar bisa bekerja. Namun karena audio yang sangat terkompresi, data yang digunakan pun sedikit.

Dari kelebihan dan cara kerjanya, terlihat bahwa penggunaan HT digital akan membawa banyak manfaat ke lingkungan kerja, seperti peningkatan produktivitas, pengurangan biaya, dan tentu saja peningkatan keselamatan pekerja.

Itulah penjelasan mengenai HT digital dan manfaat yang bisa didapat jika menggunakannya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari alat komunikasi tim.

Tertarik beralih dari yang sebelumnya HT konvensional menjadi HT digital? Digitalkie bisa menjadi solusi tepat, baik untuk komunikasi pekerja di kawasan industri dan lainnya. Ditambah fitur lengkap yang tersemat pada Digitalkie, mengelola manajemen komunikasi lapangan untuk kerja tim bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Share Article

WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu