Asset Management berbasis PAS 55 (Publicly Available Specification 55)

by | Des 4, 2023 | Asset Management

Asset Management berbasis PAS 55 (Publicly Available Specification 55) adalah suatu kerangka kerja dan standar internasional yang digunakan dalam pengelolaan aset, terutama di industri industri seperti minyak dan gas, energi, dan infrastruktur. Standar ini pertama kali diterbitkan oleh Institute of Asset Management (IAM) di Inggris pada tahun 2004 dan kemudian direvisi menjadi ISO 55000 series pada tahun 2014.

Prinsip-prinsip Utama PAS 55:

    1. Ketepatan (Alignment): Mencapai keselarasan antara tujuan bisnis dan strategi manajemen aset.
    2. Tanggung Jawab dan Akuntabilitas (Responsibility and Accountability): Menetapkan tanggung jawab dan akuntabilitas yang jelas dalam pengelolaan aset.
    3. Fungsi Organisasi (Organizational Capability): Membangun kapabilitas organisasi untuk mencapai dan memelihara keberhasilan manajemen aset.
    4. Pemahaman Risiko dan Kinerja (Understanding of Risk and Performance): Mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko terkait aset untuk meningkatkan kinerja.
    5. Pemantauan Kinerja dan Perbaikan Terus-menerus (Performance Monitoring and Continuous Improvement): Melakukan pemantauan terus-menerus terhadap kinerja aset dan proses, serta melakukan perbaikan berkelanjutan.

Aspek Kunci Asset Management Berbasis PAS 55:

    1. Rencana Manajemen Aset (Asset Management Plan): Dokumen yang merinci bagaimana aset akan dikelola dan dijaga selama siklus hidupnya.
    2. Pengukuran dan Pemantauan Kinerja (Measurement and Performance Monitoring): Mengukur kinerja aset dan memantau pencapaian terhadap tujuan.
    3. Manajemen Risiko (Risk Management): Mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko yang terkait dengan aset.
    4. Pemeliharaan dan Perbaikan (Maintenance and Improvement): Menerapkan strategi pemeliharaan yang tepat dan melakukan perbaikan berdasarkan pemantauan dan evaluasi.
    5. Pelatihan dan Pengembangan (Training and Development): Mempersiapkan staf dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk pengelolaan aset yang efektif.

Software ERP

Keuntungan Menggunakan Asset Management Berbasis PAS 55:

Optimalisasi Penggunaan Aset:
Meningkatkan efisiensi dan efektivitas penggunaan aset perusahaan.

Peningkatan Kinerja Operasional:
Meningkatkan kinerja operasional melalui pemantauan dan perbaikan terus-menerus.

Manajemen Risiko yang Lebih Baik:
Mengurangi risiko kegagalan aset dan dampaknya terhadap operasional.

Kepatuhan Terhadap Regulasi:
Memastikan bahwa perusahaan mematuhi regulasi dan standar terkait.

Pengelolaan Siklus Hidup Aset:
Memandu pengelolaan aset dari awal hingga akhir siklus hidupnya.

Penerapan Asset Management berbasis PAS 55 membantu perusahaan mencapai efisiensi, keandalan, dan keberlanjutan dalam pengelolaan aset mereka. Dengan mematuhi prinsip dan praktik terkait, perusahaan dapat meraih manfaat jangka panjang dalam pengelolaan portofolio aset mereka.

test
WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu