Panduan Dasar Memilih Layanan Pengembangan Software

by | Jan 19, 2023 | Resources

 

Sebagai salah satu usaha dalam meningkatkan kinerja perusahaan, pengembangan software dan transformasi digital gencar dilakukan. Tidak hanya bertujuan menyederhanakan proses bisnis akan tetapi dapat meningkatkan performaa dan kredibilitas perusahaan agar lebih profesional. 

Mengenal Pengembangan Software 

Secara teoritis, serangkaian proses kolektif meliputi penciptaan, pengembangan perangkat lunak dengan mewujudkan seluruh tahapan pada siklus pengembangan software. Layanan ini bertujuan untuk mencapai goals, objective dan proses bisnis tertentu.

Proses Pengembangan Software

Dalam pengembangan software memiliki banyak sekali proses dan tahapan yang dinilai sangat rumit dan kompleks. Tiap tahapan berkaitan satu sama lain, sehingga kesuksesan tergantung dengan tahapan yang dilakukan dengan tepat. Beberapa tahapan yang dilakukan pada proses layanan pengembangan software adalah sebagai berikut:

1. Perencanaan dan Analisis

Di Tahap ini, beberapa stakeholder berdiskusi dalam menentukan beberapa ketentuan yang berlaku. Selanjutnya, salah satu stakeholder yaitu project team akan memberikan penjabaran mengenai software di masa mendatang dirancang dan bahasa pemrogramannya.

Pada tahap ini pun terdapat beberapa poin yang harus diperhatikan seperti:

  • Koordinasi: Adalah bagaimana proyek terhubung dengan misi dan tujuan perusahaan yang jauh lebih besar.
  • Ketersediaan dan Alokasi Sumber Daya: Mencakup sumber daya dan peralatan yang menunjang kegiatan pelaksanaan proyek.
  • Penjadwalan Proyek: Mengenai bagaimana proyek dijadwalkan secara terperinci dan sesuai dengan tujuan perusahaan.
  • Pembiayaan: Mengenai perkiraan atau estimasi biaya yang diperlukan dalam melakukan proyek.

2. Kebutuhan Teknis

Pemahaman mengenai persyaratan teknis dari sebuah proyek adalah salah satu tahapan yang harus diperhatikan. Tiap aspek software baik aplikasi, design web maupun fitur terbaru harus mampu menjadi solusi permasalahan pelanggan.

Ketika anda beralih dari tahap perencanaan, anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan seputar proyek seperti:

  • Masalah apa yang dipecahkan ini?
  • Siapa yang akan menggunakannya dan mengapa?
  • Input/output data seperti apa yang diperlukan?
  • Apakah Anda perlu berintegrasi dengan alat atau API lain?
  • Bagaimana Anda menangani keamanan/privasi?

Setelah beberapa jawaban dari pertanyaan diatas terjawab dan diskusi dengan pihak terkait dilakukan, maka anda dapat memulai untuk mengidentifikasi persyaratan teknis, pengujian dan dilanjutkan dengan pemutusan tumpukan teknologi.

3. Membuat Prototype dan Perancangan

Dengan persyaratan yang ada sebelumnya, tiba saatnya untuk mulai perancangan seperti apa software dan bagaimana fungsinya. Fungsionalitas dan aliran harus paling penting sejak awal.

Berdasarkan proses pengembangan software yang Anda ikuti, tahapan  ini memungkinkan  Anda membuat wireframe sederhana untuk menunjukkan proses interaksi yang akan bekerja dalam perangkat lunak. 

4. Proses Pengembangan dan Implementasi Software

Di tahap ini bisa dikenal juga sebagai tahap pemrograman atau pengkodean, komputer akan menuliskan kode program menggunakan bahasa pemrograman. Setelah itu, pemrograman akan diuji coba supaya dapat mendeteksi kesalahan lalu memperbaikinya hingga benar.

Pada tahap ini, anda akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan tim pengembangan agar memastikan kecepatan pada proyek anda.

5. Testing

Setelah software sudah dikodekan, lalu akan dikirim ke tim penguji sebelum dilakukan proses penerapan yang memberikan feedback setelah penggunaannya. Walaupun dalam proses pemrograman sebelumnya, terdapat audit untuk memastikan tidak adanya kesalah, namun tim penguji tetap turun tangan untuk memastikan fungsi berjalan secara optimal.

6. Deployment

Akhirnya sampai juga dengan tahapan peluncuran software ke seluruh pengguna. Dengan kata lain merealisasikan proyek ke proses produksi. Planning penerapan yang baik, produk yang lolos pengujian dapat menjadi awal keberhasilan sebuah proyek.

7. Maintenance dan Operasi

Walaupun proyek sudah pada tahap produksi, ternyata pengembangan software belum berakhir. Proses ini biasa dikenal dengan ”Siklus Pengembangan Software”. Siklus ini diartikan sebagai fase yang diperlukan dalam proses software development yang terdiro dari pengembangan awal, pasca pengembangan, pengujian hingga evaluasi.

Seiring penggunaan software, terdapat beberapa kebutuhan konsumen yang selalu bertambah. Hal ini dikarenakan kebutuhan software yang makin bervariasi, permemintaan penambahan berbagai fitur atau fungsionalitas yang bertambah. Belum lagi maintenance software dalam memastikan waktu aktif dan kepuasan konsumen.

Proses terakhir, software yang sudah diinstal, pemrograman akan secara berkala dilakukan pemeliharaan demi memastikan program dapat berjalan lancar.

Manfaat Menggunakan Layanan Pengembangan Software

Dibalik keputusan bekerjasama dengan jasa pengembangan software, terdapat harapan atau ekspektasi ketika menggunakannya, berikut adalah 4 manfaat menggunakannya:

1. Membangun Solusi Pengembangan software

Hal ini merupakan fokus utama tiap perusahaan layanan pengembangan perangkat lunak. Biasanya perusahaan berspesialisasi dalam beberapa bidang dan jenis perangkat lunak misalnya, pengembangan web, pengembangan seluler.

Mereka menjadi solusi untuk berbagai industri dan jenis organisasi, mulai dari startup, melalui usaha kecil dan menengah (UKM), hingga perusahaan berskala besar.

2. Business Intelligence Tools

Data adalah sumber daya berharga yang dimiliki perusahaan, namun dalam menggunakannya mereka membutuhkan software khusus yang dapat membuka wawasan dari kumpulan data. Di sinilah peran perusahaan layanan pengembangan software bertindak. 

Mereka menawarkan solusi ilmu data seperti laporan analitik, dasbor, dan alat business intelligence yang membantu klien mereka menerapkan pengambilan keputusan berdasarkan data.

3. Layanan Konsultasi IT

Tidak hanya membangun pengembangan software, pihak pengembangan software biasanya akan menyarankan konsumen untuk mengelola sistem ,membangun solusi maupun mendorong inovasi software mereka.

Konsultasi dimaksudkan agar meningkatkan bisnis ke tingkat selanjutnya dengan mengoptimasi analitik, proses serta alur kerja dengan solusi khusus.

4. Mengembangkan aplikasi web dan sistem perusahaan

Perusahaan layanan pengembangan software juga mengembangkan dan merancang situs web canggih dengan misi mengotomatiskan tugas berkat teknologi cloud. Sistem berbasis web perusahaan seperti itu membantu perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, memfasilitasi pengelolaan alur kerja, dan meningkatkan keuntungan.

Perusahaan Pengembangan Software Terbaik dan Layanan Software

Gamatechno sebagai salah satu perusahaan pengembangan software terbaik di Indonesia siap membantu mengembangkan software sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Dengan pengalaman lebih dari satu dekade, Gamatechno sudah mengantongi 500 klien B2B dari seluruh penjuru Indonesia.

Adapun layanan pengembangan software yang kami kerjakan adalah:

1. Pengembangan Software Kustom

Mengandalkan keahlian teknologi dan pengalaman penanganan industri sumber daya berpengalaman secara khusus, anda dapat membangun software  yang sesuai kebutuhan bisnis anda.

2. QA Testing

Kami menjamin kualitas ekstensif yang dibangun dari layanan pengembangan software custom. Anda juga dapat mengkonsultasikan dan melakukan pengujian fungsional software sesuai permintaan anda.

3. Layanan Maintenance Software

Modernisasi dan preservasi software kami dirancang untuk meyakinkan kinerja dan skalabilitas seluruh infrastruktur software seiring pertumbuhan bisnis anda.

4. Integrasi API

Kami mengimplementasikan API khusus untuk semua jenis software, membantu melebarkan fungsionalitas ke sistem software anda.

5. Layanan Keamanan IT

Dengan sigap kami membantu mengaudit secara menyeluruh terhadap software anda. Serta memungkinkan kami untuk melakukan pelayanan keamanan software dan beberapa protokol akses sesuai kebutuhan anda.

6. Layanan Deployment Software

Pelayanan ini mencakup penetapan tujuan bisnis dan jadwal penerapan software, seperti konfigurasi, tata kelola proyek, pengujian, pemecahan masalah dan lain sebagainya.

7. Layanan Integrasi Sistem

Kami akan mengintegrasikan aplikasi dengan cara yang spesifik untuk alur kerja, departemen, dan bisnis Anda.

Sebagai salah satu strategi dalam menghadapi era bisnis digital, menggunakan layanan pengembangan software perlu dilaksanakan dan dilakukan maintaining secara berkala. Bangun perusahaan anda dengan jasa software development yang tepat dengan mengkonsultasikan kebutuhan bisnis anda kepada kami.

Gamatechno – Layanan Pengembangan Software

Berpengalaman lebih dari 18 Tahun menangani 500+ klien B2B sebagai vendor pengembangan software transformasi digital di seluruh Indonesia. Mulai dari IT Consulting, End-to-End Software Development dan Enterprise Resource Planning.

Start Project With Us. Let’s Make Something Awesome Together

Contact us:

Whatsapp: 0274-566161

Email: [email protected]

Kontak Kami & Jadwalkan Konsultasi
test
WeCreativez WhatsApp Support
Kontak kami melalui WhatsApp
Hi, ada yang bisa kami bantu