Berikan Pemahaman Tentang Smart City, Gamatechno Hadir di Millenial Fest Industri 4.0

Kagama Sumut, Millenial Fest, Gamatechno

 

Direktur utama Gamatechno, Muhammad Aditya memberikan penjelasan mengenai konsep smart city di Millenial Fest, Kamis (3/10/2019)

 

Gamatechno sebagai perusahaan teknologi informasi penyedia solusi smart city, turut berpartisipasi dalam Millenial Fest Industri 4.0. Acara yang digelar oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Sumatera Utara (Sumut) ini digelar di Ballroom Hotel Adimulia, Medan 3-5 Oktober 2019. Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah yang juga selaku Ketua Umum Kagam Pusat.

 

Acara ini dihadiri oleh semua kalangan, mulai dari praktisi di bidang teknologi informasi hingga tokoh pemerintahan. Menteri Perindustrian RI, Airlangga Hartarto turut hadir dalam acara ini. Setelah mengisi seminar, beliau menyempatkan diri menilik stan Gamatechno dan menanyakan beberapa produk dan solusi yang dibawa oleh Gamatechno untuk smart city.

 

Hadirnya Gamatechno dalam pameran ini bukan tanpa tujuan. Memberikan pemahaman tentang konsep smart city kepada pengunjung khususnya masyarakat dan pemerintah Sumatera Utara adalah tujuan utama Gamatechno.. Muhammad Aditya, Direktur Utama Gamatechno yang juga menjadi pembicara seminar memberikan pemaparannya mengenai konsep smart city.

 

Kagama Sumut, Millenial Fest, Gamatechno

 

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mengunjungi stan pameran Gamatechno di Millenial Fest, pada Jumat (4/10/2019)

"Salah satu hal yang utama adalah memberikan pemahaman pada pihak bahwa perkembangan smart city perlu kolaborasi dengan berbagai pihak," ujarnya, pada Kamis (3/10/2019).

Aditya kemudian menjabarkan jika pemerintah memiliki kewajiban untuk menyediakan layanan berbasis teknologi. Namun mereka juga tidak mengesampingkan pihak swasta atau masyarakat yang bisa membantu untuk mewujudkan pelayanan teknologi kepada masyarakat.

 

Untuk itu, Gamatechno hadir menyampaikan ide atau solusi pelayanan berbasis teknologi informasi kepada pemerintah.

 

"Harapannya, Gamatechno nantinya bisa menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan layanan berbasis teknologi informasi dalam artian solusi smart city," imbuhnya.

 

Penjelasan Aditya ini pun senada dengan harapan yang disampaikan oleh Ketua Kagama Sumut, dengan adanya pameran ini, harapannya bisa memberikan pemahaman tentang konsep smart city kepada masyarakat. Apalagi,  Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menyebut pemprov Sumut sedang mengembangkan e-Government.

 

"Provinsi Sumut sedang berbenah menuju e-government untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang lebih transparan dan kinerja OPD bisa dipantau langsung oleh masyarakat," ujarnya.

 

Di Millenial Fest Industri 4.0 kemarin, Gamatechno menghadirkan sejumlah produk dan solusi smart city. Mulai dari platform layanan publik dan wisata mCity, Sistem Informasi Pengelolaan Kampus, solusi ERP untuk perusahaan, big data analytic, hingga platform bike sharing yang sedang dikembangkan oleh Gamatechno saat ini.