Kabupaten Lampung Barat Mulai Persiapkan Rancangan Smart City

 

Paparan Solusi Smart City oleh PT Gamatechno di depan Bupati dan OPD Lampung Barat, Kamis (29/8/2019).

 

Kabupaten Lampung Barat mengundang Gamatechno untuk memberikan paparan mengenai penerapan Smart City, Kamis (29/8/2019). Digelar di Ruang Rapat Pesagi, Dinas Komunikasi dan Informatika Lampung Barat, acara ini dihadiri oleh Bupati Parosil Mabsus dan perwakilan OPD.

 

Pemerintah Lampung Barat menjelaskan program smart city ini merupakan langkah inovasi yang dilakukan oleh pemerintah.

 

"Smart city merupakan wujud inovasi dari pemerintah dalam meningkatkan layanan publik," jelas Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus.

 

Sebelum akhirnya mengimplementasikan smart city, Pemerintah Lampung Barat sedang mempersiapkan infrastruktur TIKnya. Menyiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk implementasi smart city ke depannya, termasuk integrasi data dari satu OPD ke OPD lain.

 

Taufik Suryawan selaku manajer Government Solution yang hadir dalam paparan tersebut menjelaskan jika pemerintah tidak usah takut kesusahan dalam melakukan integrasi.

 

Semua pentunjuk dan metode integrasi data sudah diatur dalam E-Government Interoperability Framework (E-Gif).

 

Lampung Barat, mCity, Gamatechno, Smart City

 

OPD mendengarkan paparan mengenai solusi smart city untuk Kabupaten Lampung Barat dari Gamatechno, Kamis (29/8/2019)

 

"E-Gif menjelaskan bagaimana caranya melakukan integrasi dari mulai data internal OPD, antar OPD, data seluruh kabupaten/kota, antar provinsi, hingga nasional," kata Taufik.

 

Jadi Pemerintah Lampung Barat tak perlu kesusahan lagi dalam mengintegrasikan aplikasi yang sudah dibangun sebelumnya ke dalam platform baru. Data dari semua aplikasi yang sudah dibuat tersendiri oleh masing-masing OPD bisa terintegrasi dalam satu platform.

 

Kesuksesan integrasi ini nantinya akan mewujudkan harapan Bupati Lampung Barat.

 

"Harapannya, smart city bisa menjadi platform yang komprehensif, efektif, dan efisien dalam memberikan layanan publik, menampilkan potensi daerah, dan meningkatkan pendapatan daerah," imbuh Parosil Mabsus.

 

Gamatechno sendiri sebagai perusahaan penyedia solusi smart city memiliki platform mCity dan sejumlah solusi teknologi informasi yang akan membantu pemerintah memberikan layanan publik yang prima, efisien dan transparan. Selain fitur pelayanan publik, mCity juga menyediakan informasi mengenai potensi daerah.