Produk Inovasi Gamatechno Curi Perhatian Menristekdikti

Gamatechno,mCity,mCampus,UGM

Menristekdikti Mohamad Nasir saat mengunjungi stan UGM di Ritech Expo 2019, Minggu (25/8/2019)

Dalam rangka memperingati Hari Teknologi Nasional, Universitas Gadjah Mada (UGM) memamerkan produk inovasi dari unit usahanya, yakni Gama Konsultan, Swayasa Prakarsa, Gama Inovasi Berdikari, dan Gamatechno Group di Ritech Expo 2019. Acara yang diadakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan ini digelar, pada 25-28 Agustus, di Lapangan Puputan Renon, Denpasar Bali.

 

Menristekdikti, Mohamad Nasir menyempatkan untuk melihat produk inovasi di stan UGM, Minggu (25/8/2019). Platform bike sharing yang sedang dikembangkan oleh Gamatechno berhasil membuat ia tertarik.

 

“Wah bagus ini bisa diaplikasikan di banyak tempat wisata," kata Muhammad Nasir.

 

Menurutnya, apa yang dimiliki oleh Gamatechno sekarang bisa dikolaborasikan dengan platform transportasi daring lainnya yang sudah berkembang.

 

Dalam kesempatan yang sama, Nasir juga memberi masukan untuk diberikan penyesuaian tarif.

 

"Nantinya tarif naik sepeda dibedakan antara pelajar dan wisatawan," imbuhnya.

 

Tak hanya bike sharing platform saja, Gamatechno juga menawarkan integrasi bike sharing untuk kebutuhan bagi kampus dan pemerintahan melalui aplikasi mCampus dan mCity. Termasuk juga skema integrasi pembayaran digital yang disediakan oleh subsidiary company Gamatechno yaitu Aino.

 

Gamatechno, mCampus, mCity, UGM

 

Pengunjung stan UGM di Ritech Expo 2019, Minggu (25/8/2019).

 

mCampus merupakan aplikasi mobile portal mahasiswa yang memungkinkan mahasiswa untuk mengakses informasi perkuliahannya. Seperti KRS, jadwal kuliah dan dosen, beasiswa dan lain-lain. 

 

Sedangkan mCity merupakan portal informasi pelayanan publik dan pariwisata yang ditujukan bagi kota/kabupaten di Indonesia.

 

Kedua platform tersebut telah banyak digunakan oleh klien di seluruh Indonesia. Keuntungan dari integrasi ini sendiri adalah layanan bike sharing yang bisa di tambahkan di kedua aplikasi tersebut dalam bentuk SDK (software development kit). Sehingga kampus maupun pemerintah dimungkinkan untuk memiliki layanan bike sharing sendiri menggunakan aplikasi yang telah mereka miliki.

 

Selain Gamatechno Group, UGM juga menampilkan produk-produk inovasi dari yang merupakan anak usaha milik UGM.

 

Ritech Expo 2019 ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada Rabu (28/8/2019). Dalam gelaran ini, UGM berhasil memenangkan stan terfavorit.

 

Ritech Expo ini sendiri sudah digelar sejak 24 tahun lalu yang bertujuan untuk memamerkan hasil inovasi anak negeri sekaligus memberi pengetahuan pada kalangan muda. Total keseluruhan ada 185 stan yang berasal dari 120 instansi berkontribusi tahun ini.