Gamatechno Dampingi Kabupaten Pacitan dalam Implementasi SPBE

SPBE,Gamatechno,Kabupaten Pacitan

 

Praktisi dan Senior Konsultan Gamatechno, Nanang Ruswianto melakukan pendampingan tim evaluasi internal SPBE Kabupaten Pacitan, Selasa (14/5/2019)

 

Melalui layanan IT Consulting, PT Gamatechno Indonesia melakukan pendampingan implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Pacitan.

 

Rangkaian pendampingan ini dimulai dengan sosialisasi SPBE di Kabupaten Pacitan, Rabu (24/4/2019) dihadiri oleh Bupati Pacitan Indartato dan perwakilan OPD di seluruh Kabupaten Pacitan. Gamatechno melakukan sosialisasi kebijakan pemerintah lewat Peraturan Presiden no 95 tahun 2018 tentang penerapan SPBE di instansi pemerintahan.

 

Tidak berhenti sampai sosialisasi, pendampingan Gamatechno pada implementasi SPBE di Kabupaten Pacitan berlanjut, pada Selasa (14/5/2019).

 

Nanang Ruswianto selaku Praktisi dan Senior Konsultan Gamatechno bertemu dengan 11 evaluasi internal penerapan SPBE Kabupaten Pacitan, di Ruang Rapat Sekda Kabupaten Pacitan.

 

"Saya bertemu dengan evaluator internal, mereka mengonsultasikan keadaan terkini, hambatan, dan harapan untuk memperlancar implementasi SPBE," ujar Nanang.

 

"Setelah selesai, nantinya kami akan memberikan solusi dan strategi untuk mencapai harapan itu," imbuhnya.

 

Dengan pendampingan ini harapannya Pacitan bisa memperoleh nilai yang memuaskan saat evaluasi SPBE di tahun depan.

 

Kementerian PANRB melakukan evaluasi penerapan SPBE kepada seluruh instansi pemerintahan dengan sejumlah indikator yang sudah ditetapkan.

 

Evaluasi penerapan SPBE ini dimulai dengan turunnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik. Dalam Perpres tersebut, tertulis jika penerapan SPBE diharapkan bisa mendukung pembangunan aparatur negara yang berdaya saing global.

 

Total ada 616 kementerian, lembaga, Polri, dan pemerintah daerah yang dievaluasi pada tahun 2018 lalu.