Kabupaten Lebong Siap Menuju Lebong Smart City 2021

  

kabupaten lebong, lebong smart city, smart city

Penyerahan pekerjaan penyusunan rencana induk Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Kabupaten Lebong

 

Gamatechno.com Kamis, 22/11/2018 Pemerintah daerah Lebong dan Diskominfo Statistik dan Persandian (SP) kabupaten Lebong merencanakan Lebong Smart City pada 2021. Terdapat 10 aspek dalam Lebong Smart City, yaitu smart mobility, smart retail, smart open data, smart agriculture, Internet of thing, smart government, smart home, smart education, smart grid/energy, dan smart health.

Menurut Donni Swabuana selaku Kepala Dinas Diskominfo SP, sistem berbasis e-government dan government public relation menjadi dua faktor penunjang dalam mewujudkan Lebong Smart City. E-government yang dimaksud berupa penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi masyarakat. Seperti sistem e-public service, one data policy, command center atau pengaduan berbasis elektronik.

Dimulai dari penyusunan masterplan TIK ditahun ini, kabupaten Lebong menunjukkan keseriusannya dalam mencapai Lebong Smart City. Penyusunan masterplan ini untuk menunjang pembangunan pusat kendali informasi atau command center. yang nantinya akan terintegrasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengakses seluruh informasi terkait dengan pemerintahan kabupaten Lebong. Dengan ini kabupaten Lebong mencetak sejarah sebagai kabupaten pertama di Provinsi Bengkulu yang telah menyusun masterplan TIK.

Pada Senin 12 November 2018 lalu telah dilangsungkan Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas laporan akhir dan roadmap rencana induk pengembangan TIK Kabupaten Lebong lima tahun kedepan yang bertempat di kantor kabupaten Lebong. FGD ini dihadiri oleh Nugroho Setio Wibowo selaku Consulting General Manager Gamatechno, Kepala Dinas Kominfo serta perwakilan dari organisasi perangkat daerah.

“Dengan adanya Rencana Induk pengembangan ini, maka tujuan dan rencana jangka panjang pengembangan TIK di Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu menjadi terarah dan target akan tercapai dengan baik” ungkap Donni Swabuana.

Gamatechno memiliki track record yang cukup panjang sebagai partner pemerintah daerah untuk penyusunan blueprint dan masterplan teknologi informasi. Tidak hanya di sektor pemerintahan saja, sejumlah perusahaan besar mempercayakan konsultasi dan penyusunan roadmap teknologi informasi mereka kepada Gamatechno.

Lebih lanjut mengenai Consulting & Training klik disini